Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FISIP UNS Tahun 2019

Senin, 4 Maret 2019,  FISIP UNS menyelenggarakan  Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) FISIP UNS tahun 2019. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Sidang Gedung 4 Lantai 2 diikuti oleh lima peserta dari  beberapa prodi yang ada di FISIP UNS. Kelima peserta tersebut adalah  Intan T. Ilaiha dari Prodi Ilmu Komunikasi,  Arina  Mardhiyana Husna dan  Muhammad Ikhsanul Amin dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, Wilyam Lie dan Leica Kartika dari Prodi Hubungan Internasional.

Tema Pilmapres tahun 2019 ini adalah “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs)”. Adapun tim penguji Pilmapres FISIP UNS 2019 adalah Dr. Bagus Haryono,M.Si yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ign. Agung Satyawan,S.I.Kom, SE, M.Si, Ph.D, dan Septiyanto Galan Prakoso, S.IP, M.I.P.

Menurut Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Aris Surjanto,S.Sos, beberapa penilaian yang akan diberikan oleh para dewan penguji  mengacu pada pedoman Pilmapres tingkat nasional diantaranya terkait indeks prestasi kumulatif, karya tulis ilmiah, prestasi atau capaian yang telah diterima selama ini , kemampuan berbahasa asing dan kepribadian.  Terkait dengan karya tulis ilmiah yang dimaksud, adalah  tulisan ilmiah hasil dari  kajian pustaka yang bersumber dari referensi ilmiah. Dalam karya tulis ilmiah tersebut juga harus memberi solusi  terhadap segala permasalahan yang dirumuskan dan dianalisis secara sistematis  disertai dengan kesimpulan serta saran yang diberikan.

Masih menurut Aris, antusiasme mahasiswa dalam mengikuti ajang pilmapres di FISIP UNS ini tergolong  sangat kurang,  walaupun pihaknya telah melakukan beberapa sosialisasi  kepada mahasiswa baik dengan menggunakan media online maupun  cetak selama ini. Padahal seandainya mahasiswa tersebut lolos,  akan berlanjut  ke tingkat universitas maupun nasional yang dapat mengangkat nama UNS dan citra mahasiswa yang bersangkutan.   Lebih lanjut beliau menyampaikan, dari hasil seleksi Pilmapres FISIP 2019 akan diambil dua peserta terbaik mewakili FISIP UNS di tingkat Universitas. (Maryani FISIP UNS)

print