Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community-Based Tourism (CBT) Mengantarkan Mahasiswa FISIP Jadi  Juara 3 ALCOFE 12

Tiga  Mahasiswa Ilmu Komunikasi S1 Transfer  FISIP UNS berhasil meraih juara ke-3 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Annual Conference of Economics Forum (ALCOFE) 12. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret pada tanggal  15-18 November 2018. Ketiga mahasiswa  tersebut adalah Mukhsin  dan  Dewi Mustika Rahayu  dari angkatan 2017 dan Amirrul Luthfi Anta Rizky angkatan 2016.

Karya tulis ketiga mahasiswa tersebut diberi judul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community-Based Tourism (CBT) Melalui Aktivasi Destinasi Digital Di Desa Karangsari, Kulon Progo, Yogyakarta”. Menurut Muhsin, ide ini terinspirasi  dari banyaknya anak muda yang suka sekali dengan selfi, Dalam aktivitas apapun  dan dimanapun, apalagi  kegiatan traveling ke mana-mana pasti nggak lupa buat selfi.  Mukhsin  menambahkan, bahwa dengan membuat beragam tempat wisata yang menarik didaerah nantinya akan mengundang semakin banyak wisatawan dan hal ini  mampu meningkatkan perekonomian lokal daerah setempat.

ALCOFE 12 merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UNS. ALCOFE tahun ini mengangkat tema pengembangan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan subsektor untuk meningkatkan pembangunan Indonesia. Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain lomba olimpiade ekonomi bagi siswa SMA, lomba LKTI bagi mahasiswa, dan puncaknya adalah seminar nasional. Seleksi lomba LKTI sendiri dimulai dengan pengumpulan abstrak penelitian. Kemudian peserta yang lolos seleksi abstrak mengumpulkan full paper penelitan. Sepuluh paper terbaik selanjutnya diundang untuk mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri untuk penentuan pemenang. Tim yang menjadi juara 1 adalah Universitas Negeri Semarang dan juara 2 dimenangkan oleh Universitas Gadjah Mada. (Maryani FISIP UNS)

 

 

print