Minimalisir Dampak Perilaku Menyimpang Media Sosial, Tim Pengabdian FISIP dan FIB UNS Adakan Sosialisasi ke Dua  SMA Negeri di Kota Surakarta

Salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, adalah pengabdian kepada masyarakat. Banyak tema dikembangkan dalam  program penelitian dan pengabdian pada masyarakat tersebut, salah satu diantaranya adalah terkait dengan maraknya perilaku menyimpang remaja di masyarakat akibat terpapar oleh perkembangan media sosial yang tanpa batas.

Sebagai tanggung jawab sosial mengurangi berbagai dampak positif maupun negatif  akibat penggunaan media sosial tersebut,  dua  tim pengabdian masyarakat  dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)  yaitu Likha Sari Anggreni, M.Soc.Sc.  selaku Ketua dan  Monika Sri Yuliarti, M.Si sebagai anggota  serta  Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A  dari  Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan sosialisasi bertemakan literasi media sosial yang diselenggarakan  pada Selasa, 16 Juli 2019  di SMA Negeri 3 Surakarta dan Senin,  22 Juli 2019  di SMA Negeri 1 Surakarta dengan tema  “Literasi Informasi Pelajar SMA di Kota Surakarta Terkait Dampak Mengunggah Konten Instagram terhadap Perilaku Menyimpang”.

Menurut  Likha Sari Anggreni, selain sebagai bentuk  pengabdian kepada masyarakat juga dimaksudkan untuk memberikan referensi bagi siswa kelas XI SMA dalam menggunakan media sosial secara baik dan bijak, utamanya instagram yang merupakan salah satu media yang sangat popular di kalangan mereka.

Kegiatan pengabdian ini mendapat sambutan yang positif dari kedua institusi mitra, yaitu SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 3 Surakarta, utamanya dari para pengajar mata pelajaran Bimbingan Konseling, karena materi ini sangat berkaitan dengan mata pelajaran tersebut. Para siswa yang menjadi sasaran kegiatan pengabdian ini pun secara aktif dan antusias mengikuti sesi sosialisasi. Di akhir sesi, mereka juga aktif terlibat mengisi kuesioner online terkait dengan kebiasaan dan aktivitas mereka dalam menggunakan media sosial, utamanya Instagram. (Maryani FISIP UNS)

print