Manfaatkan Perca, Darma Wanita Unsur  Persatuan FISIP Ajari Kerajinan Tangan Anggotanya

Kerajinan tangan merupakan salah satu karya seni yang dihasilkan melalui ilmu seni baik 3 dimensi maupun 2 dimensi.  Dalam perkembangannya saat ini, kerajinan tangan dapat dibentuk dari berbagai bahan baku, salah satunya adalah kain perca. Kain perca adalah kain sisa  yang didapatkan dari sisa guntingan kain besar pada proses pembuatan pakaian, kerajinan, dan berbagai produk tekstil lainnya.

Sebagai upaya membekali pengurus dan anggota Darma Wanita Unsur  Pelaksana (DWUP) FISIP UNS dalam memanfaatkan barang bekas yang memiliki nilai tambah, Ketua DWUP FISIP UNS  berinisiatif menyelenggarakan pelatihan  pemanfaatan kerajinan tangan dari kain perca yang diselenggarakan Kamis, 29 Agustus 2019 di Ruang 3.2.6  dan diikuti lebih dari 30 orang pengurus dan anggota DWUP FISIP UNS.

Pengurus dan anggota DWUP FISIP UNS  terdiri dari  semua istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non PNS, pegawai wanita PNS dan non PNS serta istri dan pegawai FISIP UNS yang telah purna tugas dari FISIP UNS. Sebagai bagian dari anggota organisasi di universitas, DWUP FISIP UNS berusaha membina para anggotanya, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur.

Dalam upaya tersebut  maka pengurus DWUP FISIP UNS berusaha  membuat program kerja yang dapat meningkatkan ketrampilan para anggotanya baik yang bersifat softskill maupun yang bersifat hardskill salah satunya melalui pembuatan  kerajinan tangan dari kain perca dengan menghadirkan tutor  narasumber Ibu Endang Sri Handayani, S.Sn., M.Sn. dari S-1 Seni Rupa Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP)  UNS.

Di kesempatan tersebut  juga  dibagikan penerima dana bantuan Pendidikan atau Gerakan Orang Tua  Asuh (GOTA)   dari  Dana Pusat Dharma Wanita Unit UNS kepada lima putra-putri pegawai di lingkungan FISIP UNS. Kelima penerima dana GOTA tersebut adalah  Alifian Nugroho putra  dari Bapak Hanjar Purwoko, Nicholas Sandy C.S putra dari  Bapak Agus Yulianto, Aulia Putri Azzahwarani putri Bapak Agus Setyo Budi Utomo,  Ernawati putri Bapak Sunaryo, dan Dian Putri Maharani putri Bapak Sunardi yang diserahkan langsung oleh  Ibu Wakil Dekan Bidang  Akademik, Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, mantan Ketua DWUP FISIP UNS  Ibu Hj. Dwi Tiyanto, dan Ibu Ketua DWUP FISIP UNS Periode 2019-2023 Ibu Dr. Ida Kusumawati . (Maryani FISIP UNS)

 

print