Lokakarya Penyusunan Borang Akreditasi Program Doktor S3  Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Dalam  UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah mengatur bahwa setiap perguruan tinggi harus terakreditasi. Akreditasi merupakan  tuntutan wajib dari pemerintah  sebagai  tolak ukur dan  upaya pemerintah dalam memberikan  penjaminan mutu suatu lembaga pendidikan, oleh lembaga yang independen yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Angka akreditasi   yang nanti akan  diperoleh,  dapat menjadi bukti  kegiatan pendidikan dan pengajaran yang   sesuai dengan standar jaminan mutu yang telah ditetapkan.

Sebagai salah satu upaya persiapan  penyusunan borang akreditasi Program Doktor S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS, telah diselenggarakan kegiatan Lokakarya Penyusunan Borang Akreditasi Program S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS. Kegiatan ini diselenggarakan Rabu, 20 Maret 2019 di Hotel Pose In Solo, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.  Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dosen , para pejabat struktural dan Tim Borang Fakultas maupun Tim Borang Prodi S3 FISIP UNS. Hadir memberikan penilaian sekaligus  review terhadap borang yang diajukan Dra. Prahastiwi Utari,M.Si,Ph.D  yang juga sebagai tim asesor internal UNS.

Dalam lokakarya tersebut dibahas  isian borang yang disediakan oleh BAN-PT  oleh Tim Borang Prodi S3 Ilmu Komunikasi disertai dengan data dukungnya. Pengisian borang ini ditujukan untuk mengetahui gambaran riil mengenai keadaan dan kinerja Prodi.  Hasil penilaian, borang program studi mendapatkan nilai paling tinggi dibandingkan evaluasi diri dari program studi dan protofolio fakultas.  Melalui penilaian yang mengacu pada tujuh standar instrumen akreditasi Ban PT diharapkan mampu mencerminkan fakultas maupun Prodi  dimana sajian data dan informasi yang terdapat didalam borang ini akan menentukan pemberian nilai dari Tim Asesor BAN –PT nantinya. (Maryani FISIP UNS)

print