Lokakarya Peninjauan Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi  FISIP UNS

Dinamika pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia mengharuskan secara berkala dilakukan telaah ulang kurikulum yang akan dievaluasi pada saat akreditasi program studi. Salah satu manfaat redesain kurikulum tersebut adalah  mengikuti perkembangan pengetahuan dan tren kebutuhan yang sedang berkembang. Berdasarkan Amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 tentang kurikulum menyatakan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi ( SN Dikti) untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan.

Dalam rangka menindaklanjuti ketentuan tersebut di atas, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah menyusun Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, untuk dijadikan salah satu pedoman dalam menyusun kurikulum di semua perguruan tinggi dan setiap jenis pendidikan tinggi baik akademik, vokasi dan profesi agar melakukan rekonstruksi kurikulum dan meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan SN-DIKTI, termasuk didalamnya di Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS yang telah melakukan lokakarya peninjauan kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi  pada Hari Senin, 22 Oktober 2018 di Hotel Pose In Solo  yang diikuti oleh pimpinan fakultas, dosen pengajar dan bagian administrasi   Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS.

Dalam sambutannya Kepala Prodi Magister Ilmu Komunikasi Dra. Prahastiwi Utari,M.Si Ph.D menyampaikan bahwa lokakarya peninjauan kembali kurikulum program pascasarjana program studi Magister Ilmu Komunikasi   perlu dilakukan dalam rangka untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik yang berfokus pada capaian pembelajaran/kompetensi lulusan, perbaikan strategi/metode pembelajaran dan proses penilaian serta evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu dengan  kegiatan lokakarya peninjauan kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan menyempurnakan mutu luaran mahasiswa dan hasil karyanya  berupa tesis, artikel atau jurnal  yang dihasilkan selama proses pembelajaran.

Beberapa pembahasan tentang  peninjauan kurikulum Prodi Magister Ilmu Komunikasi mendapat apresiasi dan tanggapan dari para dosen di prodi tersebut seperti yang disampaikan oleh Prof. Drs. Pawito, Ph.D terkait pertimbangan peninjauan  kurikulum  prodi yaitu menyangkut  visi dan  misi program studi, pangsa pasar  termasuk peminat  dan  kompetensi lulusan, positioning terkait apa yang menjadi unggulan serta ketersediaan sumber daya manusia. Sedangkan  Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D menyampaikan beberapa peninjauan kurikulum prodi harus mampu memberi   penciri khusus prodi magister  ilmu komunikasi  FISIP UNS yang membedakan dengan prodi ilmu komunikasi  di perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia. Selain itu juga peninjauan kurikulum yang dilakukan harus  sejalan dengan kebijakan Kemenristekdikti dan  asosiasi    program studi  ilmu komunikasi yang ada di Indonesia salah satunya adalah  ASPIKOM. (Maryani FISIP UNS)

print