Lihat Tren Bidang Sosiologi, Program  Studi S2 Sosiologi FISIP UNS Kaji Kembali Kurikulum Program Studinya

Sebagai salah satu langkah nyata merespon perubahan dan amanat Rektor UNS periode 2019-2023 menyongsong industri 4.0, Program Studi S2 Sosiologi FISIP UNS menyelenggarakan Workshop Review dan  Penyusunan Kurikulum  Program Studi Sosiologi FISIP UNS Periode 2019-2023. Workshop ini diselenggarakan Jumat, 23 Agustus 2019 mulai pukul 09.00-15.00 WIB di Ruang Jodipati Hotel UNS Inn dan dihadiri oleh semua dosen pengampu di Program Studi S2  Sosiologi FISIP UNS.

Dalam Sambutannya Dr. Trisni Utami,M.Si selaku Kepala Program Studi S2 Sosiologi menyampaikan  bahwa perubahan terhadap kurikulum program studi akan berdampak pada  mata kuliah dan lulusan dari program studi ini.  Untuk itu menurut Beliau,  harus segera dirumuskan  tujuan dari Program Studi S2 Sosiologi nantinya  akan seperti apa. Beliau memberikan contoh : bagaimana meningkatkan kinerja  semua pihak terkait (networking dan kemitraan), terkait penataan dan perubahan lingkungan perkotaan dan pedesaan, penguatan masyarakat (community develop), corporate social responsibility dan social mapping atau overlay aspek social.

Untuk itu lanjut Dr. Trisni,  diperlukan daya dukung dengan cara setiap dosen perlu  memperluas jaringan   mitra, mahasiswa memerlukan jaringan alumni yang kuat, adanya jurnal pendukung serta memperkuat kemitraan diantara Lembaga. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pengembangan gagasan mahasiswa khususnya Prodi S2 Sosiologi serta pengembangan masyarakat dan sumber daya manusia menuju tercapainya pembelaran yang kreatif, inovatif serta responsible sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan Prodi S2 Sosiologi yang berperan dalam membantu mencerdaskan mahasiswa serta masyarakatnya dalam mengelola menuju kesejahteraan dalam masyarakat secara luas.

Hal ini mendapat respon positif dari semua dosen di Prodi S2 Sosiologi mengingat perkembangan dinamika masyarakat sekarang yang cepat berubah dan memerlukan banyak penyesuaian pembelajaran di Prodi S2 Sosiologi FISIP UNS  yang dapat membedakan dengan Prodi Sosiologi serupa di universitas yang berbeda. (Maryani FISIP UNS)

print