Kunjungan Prodi Magister Ilmu Komunikasi  Universitas Telkom Ke Prodi Magister (S2) Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Perkembangan dalam bidang keilmuan komunikasi yang pesat,  mendorong  empat sivitas akademik  dari Prodi Magister Ilmu Komunikasi  Universitas Telkom mengadakan kunjungan serta studi banding  ke Prodi Magister (S2) Ilmu Komunikasi FISIP UNS guna membahas  mengenai strategi pengelolaan, pengembangan pembelajaran, penyusunan kurikulum, capaian pembelajaran, penentuan konsentrasi dan profil lulusan S2 ilmu Komunikasi. Kegiatan kunjungan dan sharing tentang pengelolaan Prodi Ilmu komunikasi ini dilaksanakan  Rabu, 7 Agustus 2019.

Empat delegasi dari Universitas Telkom Bandung yaitu Catur Nugroho,  Adi B. Mahardian, Iis Kurnia dan Alila Pramiyanti diterima oleh Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Dr. Andre Rahmanto, M.Si  dan Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi FISIP UNS Sri Hastjarjo, Ph.D. di Ruang Sidang 1 gedung 4 lantai 2 mulai pukul 10.00-12.30 WIB.

Menurut Sri Hastjarjo ada pergeseran tren keilmuan dibidang komunikasi dimana  matakuliah terkait jurnalistik bergeser ke  digital  strategic communication. Selain itu terkait penanganan penyusunan kurikulum akan menyesuaikan perkembangan komunikasi melalui riset pengguna  serta para alumni tentang prospek industri komunikasi yang berkembang saat ini. Capaian pembelajaran  menyesuaikan dengan  regulasi yang ada,  salah satunya yang berhubungan dengan magang mahasiswa di industri yang harus melakukan magang setara dengan 3 SKS atau minimal magang 2 bulan. Terkait mata kuliah Prodi S1 Ilmu  Komunikasi selain memiliki mata kuliah wajib juga ada mata kuliah spesialisasi dan mata kuliah pilihan sebagai syarat kelulusan. Sehingga setiap lulusan ini akan memiliki kompetensi  sesuai dengan mata kuliah spesialisasi yang diambil.

Sedangkan untuk S2 Ilmu Komunikasi di FISIP UNS, Menurut Dr. Andre  Rahmanto  memiliki dua minat studi yaitu manajemn komunikasi dan teori komunikasi sedangkan untuk program S2 memiliki minat kajian dibidang Strategik komunikasi  dan Kajian sosial budaya. Dalam melakukan riset terkait penelitian dan pengabdian masyarakat, dosen di FISIP UNS  tergabung dalam riset grup yang memiliki atensi dibidang kajian yang sama. Regulasi tentang keterlibatan mahasiswa juga diakomodasi guna membantu dalam riset grup tersebut. (Maryani FISIP UNS)

print