Kunjungan Asesor BAN PT untuk Akreditasi Perguruan Tinggi UNS

Kamis, 12 Juli 2018  Universitas Sebelas Maret  (UNS) telah menerima visitasi dari tim  asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)  untuk Akreditasi UNS (dulu bernama akreditasi Institusi). Dalam visitasi tersebut tim asesor BAN PT yang terdiri dari tujuh personal yaitu Prof. Dr. Marwan Asri, MBA dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Pr. Dr. Ir. Muhammad Saleh Pallu M.Eng dari Universitas Hasanudin Makassar, Prof. Dr. dr. Indri Safitri dari Univertas Airlangga Surabaya, Dr. Budhy Kurniawan,M.Si dari Universitas Indonesia Jakarta, Prof.Dr. Ir.  Mandang,M.S dari Institut Pertanian Bogor, Prof Dr. Endry Boeriswati,M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta dan Prof. Dr.  Yuliandri SH, MH dari Universitas Andalas yang   juga  melakukan  visitasi ke  unit dan fakultas  yang dilakukan secara acak. Beberapa unit yang terkena sampling dari tim asesor BAN PT adalah  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS.

Visitasi dimulai pukul 08.00 dengan pembukaan dilanjutkan sesi pleno diskusi  dengan para stakeholders UNS mulai dari Rektor, Dekan dan pejabat terkait yaitu para Wakil Rektor, Direktur Pasca Sarjana, Ketua Lembaga, Wakil Dekan  dan perwakilan alumni  UNS, Wakil Direktur, Kepala Biro, Kaprodi, perwakilan   dosen, tenaga kependidikan, dan perwakilan mahasiswa. Sesi selanjutnya adalah diskusi paralel (7 kelompok) per standar antara asesor dan task force UNS sesuai standar masing-masing dilanjutkan dengan tinjauan lapangan koordinasi tim asesor draft berita acara finalisasi berita acara dan  penutupan.

Berdasarkan Keputusan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi) No. 016/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014, UNS memiliki score nilai  sebelumnya 372/ terakreditasi A (baik) untuk periode 2015 – 2019 dan diharapkan kedepan UNS dapat  mempertahankan akreditasi A dan tetap di rangking yang tinggi, saat ini UNS berada dirangking ke-3 se-Indonesia. (Maryani FISIP UNS)

print