Kuliah Pakar Luar Negeri Bersama Prof Anis H. Bajrekarevic dari Austria

Bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS Senin, 18 September 2018 kemarin, FISIP UNS  mendapat kunjungan sekaligus menyelenggarakan kuliah pakar luar negeri dengan dosen tamu  Prof.  Anis H. Bajrekarevic dari Austria. Adapun tema yang disajikan adalah  Indonesia’s Pivot to Asia.  Kuliah ini menggambarkan peran Indonesia di Asia, sekaligus membuka wawasan para peserta tentang  cara pandang orang asing dalam memahami potensi yang  dimiliki Indonesia. Kegiatan ini diikuti tidak kurang 150-an peserta dari beberapa Program Studi yang ada di FISIP UNS.

Prof.  Anis H. Bajrekarevic adalah Dewan Penasehat Diplomasi Modern, Ketua Geopolitik Energi Anggota Redaksi Profesor dan Ketua untuk Intl. Law & Global Pol. Studies di Vienna Austria. Dalam paparannya Prof.  Bajrekarevic menyampaikan mengapa Negara-negara di  Eropa mampu bangkit kembali dari keterpurukannya pasca krisis, sementara di Negara-negara  Asia masih belum sepenuhnya kembali bangkit memaksimalkan potensi pasca krisis 1998. Salah satu diantaranya di Uni Eropa / Euro  penanganan krisis di Eropa  dilakukan dengan pendekatan   multilateral, sedangkan di Asia masih dianggap sebagai kondisi yang bersifat bilateral dan adanya egoisme ekonomi. Hal inilah yang menjadi  satu satu keberhasilan  Eropa yang mampu mengelola krisis ekonominya.

Kondisi kedua menurut Prof. Bajrekarevic,  dinegara Asia belum bisa menerima kepemimpinan pasca industri  tetapi juga belum siap dengan kemajuan di dunia barat, dan yang terakhir tentang struktur keamanan yang berlaku di Asia yang cenderung bersifat bilateral, asimetris berbeda dengan yang terjadi Negara Eropa dimana sistem keamanannya bersifat multilateral, seimbang dan simetris.

Setelah sesi diskusi berakhir, Prof.  Anis H. Bajrekarevic didamping oleh Tim Internasionalisasi FISIP UNS beramah tamah dengan jajaran Dekanat. Kuliah pakar  ini rencananya akan dilaksanakan dua hari dengan materi yang berbeda. Selasa, 18 September 2018 kuliah pakar akan dilaksanakan di Ruang  Seminar, pukul 13.00-15.00 WIB dengan tema Historical File to Europe yang menggambarkan perkembangan Eropa hingga saat ini yang bisa dijadikan rujukan bagi pembangunan  di Indonesia nantinya. (Maryani FISIP UNS)

print