KPU Kota Surakarta dan Prodi Sosiologi FISIP UNS Selenggarakan  Kursus Kepemiluan: Peningkatan & Partisipasi Aktif Masyarakat

Kursus Kepemiluan dengan tema “Peningkatan dan  Partisipasi Aktif Masyarakat telah  diselenggarakan di  Ruang Seminar FISIP UNS, Selasa, 27 November 2018  mulai pukul 09.00- 16.00 WIB. Kursus kepemiluan ini hasil kerjasama antara Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta dengan Prodi Sosiologi FISIP UNS. Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd Ketua Pusat Studi Pancasila UNS yang menyampaikan materi tentang  Sejarah Demokrasi Pancasila  di Indonesia,  Akhmad Ramdhon, S.Sos, M.A selaku  Dosen  Sosiologi  memaparkan materi  tentang Kemampuan Berkomunikasi dan Berliterasi dan terakhir  materi tentang Penegakan Hukum Pemilu disampaikan oleh Dr. Agus Riwanto, S.H, S.Ag, M.Ag dari Fakultas Hukum Tata Negara  UNS.

Kursus kepemiluan ini diikuti 60 peserta, 30 peserta di antaranya berasal dari  organisasi masyarakat dan kelompok masyarakat yang teridentifikasi KPU. Dalam kata sambutan sekaligus pembukaannya Kepala Prodi Sosiologi FISIP UNS, Dr. Ahmad Zuber, S.Sos, DEA menyampaikan bahwa Pemilu 2019, akan menjadi momentum penting  dalam upaya  mewujudkan gagasan demokrasi di Indonesia. Hal tersebut   sebagai antisipasi dan perencanaan yang matang terkait  sebelum,  saat dan  pasca pemilu. Hasil pemilu yang baik   terlihat dari adanya keterlibatan semua pihak  di agenda panjang demokrasi Indonesia.

Sedangkan Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti, SP, M.Si mengharapakan bahwa  dari hasil pelaksanaan kursus kepemiluan ini, diharapkan salah satu hasilnya juga bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan  badan penyelenggara pemilu serta  agen sosialisasi pendidikan pemilih cerdas  dan berintegritas, sehingga hasil pemilu menjadi berkualitas. Beberapa materi kursus kepemiluan telah dipersiapkan panitia meliputi  : tahapan pemilu,  demokrasi pancasila,  penegakan hukum pemilu, dan  literasi demokrasi.

Dipertengahan sesi juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan antara KPU Kota Surakarta dengan Prodi Sosiologi FISIP UNS .(Maryani FISIP UNS)

print