KPPMF FISIP UNS Selenggarakan Diseminasi dan Diskusi tentang Tata kelola Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat  untuk Tahun Anggaran 2019

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik atau  biasa disingkat FISIP UNS merupakan satu fakultas yang ada di lingkup Universitas Sebelas Maret (UNS). Dalam menjalankan peran dan fungsinya maka visi dan misi FISIP UNS harus sejalan dengan visi misi universitas.

UNS  sebagai perguruan tinggi di Indonesia merupakan salah satu institusi pendidikan yang harus mengemban tanggung jawab sebagai agen pendidikan, agen penelitian, agen pentransfer kebudayaan, pengetahuan, dan tenologi, serta sebagai agen pembangunan ekonomi. Dalam  fungsinya sebagai agen penelitian, maka kontribusi utama yang harus dipenuhi adalah melaksanakan penelitian untuk menyelesaikan permasalahan dasar maupun permasalahan aplikatif. Di UNS ada satu unit tertentu yang bertanggung jawab membawahi terkait agen penelitian yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS.  Sistem penjaminan mutu riset UNS menjadi tanggung jawab bersama LPPM sebagai representasi universitas, KPPMF sebagai representasi fakultas, dan Grup Riset sebagai ujung tombak pelaku inovasi.

Dan  Penelitian Penguatan institusi (PPI)  sebagai penguatan kapasitas anggota research grup (RG) di FISIP UNS  perlu dilakukan diseminasi informasi terkini tentang norma, standar,  prosedur dan kriteria penyelenggaraan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat beserta tanggung jawab administrasi keuangannya . KPPF FISIP UNS, Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseh,M.Si berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Diseminasi dan Diskusi tentang Tata kelola Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat  untuk Tahun Anggaran 2019, yang dilaksanakan Kamis, 2 Mei 2019 mulai pukul 09.30-14.30 WIB di Ruang Seminar FISIP UNS dengan mengundang narasumber Sekretaris LPPM UNS, Ir. Ary Setyawan,M.Sc,Ph.D dan Kasubbag Umum LPPM UNS, Sukaryono,S.Pd.

Dalam paparanya Ir. Ary Setyawan,M.Sc,Ph.D memberikan informasi  tentang kriteria penilaian proposal dan proses penentuan pemenang hibah dari tiap-tiap skim penelitian.  Namun poin penting dalam penyampaian adalah bahwa  setiap dosen  layak menjadi inspiring character dalam kelas dan layanan yang diberikan. Melalui grup riset dan pusat studi setiap dosen dapat berkarya bersama secara  selaras melalui   minat kajian yang sejenis atau bertautan dengan koordinasi dari KPPMF. KPPMF bersama LPPM memiliki peran penting untuk menjalankan manajemen riset berkualitas serta mendorong  tumbuhnya budaya dan integritas akademik yang kuat.

Selain terkait sistem yang dijalankan dalam  Iris1103 para dosen yang tergabung dalam riset grup di FISIP UNS juga perlu diberikan penjelasan tentang  informasi dan diskusi terkait proses dan komponen pertanggungjawaban penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang meliputi  kelompok belanja, bukti SPJ dan templetenya, penghitungan pajak serta prosedur konsultasi SPJ. Untuk materi ini disampaikan oleh Sukaryono,S.Pd selaku  Kasubbag Umum LPPM UNS yang memahami terkait keadministrasiannya. (Maryani FISIP UNS)

print