Kompetensi dan  Kepemimpinan, Jadi Materi Pembekalan Kuliah Pakar Alumni FISIP UNS

Pesatnya perkembangan teknologi di  era revolusi industri 4.0, sangat berpengaruh terhadap karakteristik pekerjaan dan pembelajaran, yang menuntut ketrampilan  serta kompetensi bagi setiap lulusan perguruan tinggi termasuk bagi mahasiswa di FISIP UNS.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si,  dalam kegiatan Kuliah Pakar Alumni dengan tema “Kepemimpinan dan Revolusi Industri 4.0”.  Dr. Agus Joko Purwanto,M.Si adalah salah satu alumni dari FISIP UNS,  yang saat ini menjabat sebagai  Kepala Unit Pelaksana  Teknis Pengembangan Profesi Universitas Terbuka Jakarta.  Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada hari Jum`at, 16 November 2018 di Aula FISIP UNS,  mulai pukul 09.00-11.30 WIB, dimana disesi sebelumnya juga dilaksanakan sharing bersama dengan pejabat dan beberapa dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara di Ruang Dekanat.

Di Era revolusi Industri 4.0, pembelajaran di perguruan tinggi tidak hanya dilakukan dengan pembelajaran tatap muka antara dosen dan mahasiswanya.  Integrasi pemanfaatan teknologi digital  tidak terbatas ruang dan waktu, hal ini memungkinkan setiap individu baik dosen atau mahasiswa, dapat mencari dan dapat mengunduh sendiri bahan pembelajaran  langsung melalui dunia digital. Pergeseran pola pendidikan yang ada menyesuaikan dengan kemajuan teknologi, hal ini perlu dicermati terkait  pola kepemimpinan yang berubah pula termasuk didalamnya tentang bagaimana mempersiapkan soft skill mahasiswa  sehingga mendukung pengetahuan, kreatifitas,  inovasi dan  kemampuan mahasiswa lainnya.

Hal ini sejalan dengan Siaran Pers, Nomor : 04/SP/HM/BKKP/I/2018,  Menristekdikti,  Mohammad Nasir  dalam upaya  menghadapi  revolusi industri 4.0 di  Pendidikan Tinggi. Ada lima elemen penting yang menjadi perhatian,  dan akan dilaksanakan oleh Kemenristekdikti dalam  mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa di era Revolusi Industri 4.0, yaitu persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif,  rekonstruksi kebijakan kelembagaan pendidikan tinggi yang adaptif dan responsif,  persiapan sumber daya manusia memadai,  terobosan dalam riset dan pengembangan yang mendukung Revolusi Industri 4.0 dan ekosistem riset  serta terobosan inovasi dan perkuatan sistem inovasi untuk meningkatkan produktivitas industri dan meningkatkan perusahaan pemula berbasis teknologi. (Maryani FISIP UNS)

 

print