Kenalkan Pembelajaran Prodi, Mahasiswa D3 Komunikasi Terapan Adakan Seminar pada Siswa SMK Negeri 1 Karanganyar

Salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Masyarakat. Berkaca pada  moto  Universita Sebelas Maret yaitu ‘Mangesthi Luhur Ambangun Nagara’ yang mempunyai arti ‘bercita-cita luhur membangun negara’, mahasiswa Program Diploma 3 Komunikasi Terapan minat Periklanan  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebagai bagian dari Universitas Sebelas Maret ingin berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan di Indonesia melalui promosi sekaligus ajakan untuk siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  untuk melanjutkan pendidikan kejenjang  perguruan tinggi.

Bentuk konkrit dari kegiatan yang dilakukan tersebut adalah  Seminar Pendidikan Diploma 3 Komunikasi Terapan, yang dilaksanakan  Senin, 10 Desember 2018 di SMK Negeri 1 Karanganyar. Seminar ini dihadiri tiga narasumber  yang  mewakili masing-masing minat studi di Program Diploma 3 Komunikasi Terapan FISIP UNS yaitu Buyung Haryo, mahasiswa broadcasting angkatan 2016,  Kartikan Sugiarto mahasiwa public relation angkatan 2016 dan alumni dari advertising 2009 bernama Fuad Haris A.Md. Adapun peserta seminar yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari siswa-siswi SMK Negeri 1 Karanganyar jurusan multimedia dan pemasaran yang berjumlah 145 siswa.

Beberapa materi disampaikan oleh pembicara terkait isu mengenai faktor mengapa anak SMK tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, pengenalan dunia D3 Komunikasi Terapan Universitas Sebelas Maret, dan yang terakhir tentang seluk beluk dunia periklanan yang ditanggapi positif oleh para peserta yang hadir. Respon positif dari para peserta juga sangat tinggi. Terlihat dari banyaknya jumlah peserta ikut dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber yang mengisi acara seminar ini. Selain itu respon positif lainnya yang di dapat dari para peserta adalah antusiasme peserta  dalam  mengabadikan momen saat acara berlangsung serta membagikannya melalui sosial media. Hal ini didukung karena panitia seminar yang juga mahasiswa Program Diploma 3 Komunikasi Terapan, menyediakan kejutan kepada para peserta berupa kupon photobooth yang dapat digunakan untuk berfotoria, dan foto tersebut dapat langsung dicetak.

Menurut Priagung Wibowo, atau biasa disapa “Popo”,  kegiatan ini selain digunakan sebagai ajang  promosi, juga bertujuan untuk meningkatkan minat siswa-siswi SMK untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya di FISIP UNS dan untuk memenuhi tugas mata kuliah marketing event, visual merchandising, dan juga branding. Penyelenggara seminar ini adalah  mahasiswa Program Diploma 3 Komunikasi Terapan FISIP UNS angkatan 2016 atau semester 5 yang terdiri dari 11 orang mahasiswa. Ke sebelas mahasiswa  tersebut adalah Galih Wicaksono, Priagung Wibowo, Dwi Indah Pratiwi, Luthfi Arifiadi, Rayhana Laksmi,  Rosita Desi Legianti, Nooridlo Alif Setyawan, Nungki Afrilia , Erla Widhi Astari dan Risma Nabella. (Maryani FISIP UNS)

print