Kenalkan Optimalisasi Fungsi Jamuan Makan Internasional Prodi HI Adakan Table Manner

Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNS kembali mengadakan event table manner bagi mahasiswanya  angkatan 2017 dan 2018 di Hotel Best Western Solo Baru , Minggu 14 Oktober 2018 pukul 19.00-22.00 WIB dengan  tema “the great gatsby”. Semua peserta laki-laki  mengenakan jas atau tuxedo warna hitam dan yang wanita memakai gaun berwarna silver atau hitam.  Menurut Ketua pelaksana Lukman Fahmi Djarwono, S.IP, M.Si, kegiatan ini bertujuan  untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa  mengenai tata cara jamuan makan berstandar internasional sebagai bekal  saat memasuki dunia kerja nantinya, mengingat prospek  yang dipelajari di Prodi Hubungan Internasional  terkait dengan tata pergaulan di dunia internasional sehingga pengenalan terhadap tata makan dan tata pergaulan sangat diperlukan.

Table manner atau etika makan adalah aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan khususnya  saat dalam jamuan resmi. Etika makan ini diperkenalkan oleh bangsa Eropa yang merupakan aturan standar,  meskipun sebenarnya etika tersebut telah ada jauh sebelum peradaban Eropa menyebar keseluruh dunia. Saat  seseorang diundang  jamuan makan malam resmi dengan meja makan yang sudah di setting sedemikian rupa maka tamu yang diundang  harus mengikuti aturan etika makan yang berlaku walaupun setiap tempat dan  Negara memiliki aturan meja makan yang berbeda dan ini merupakan salah  satu pembelajaran penting bagi mahasiswa dalam mengenal kebudayaan bangsa lain di dunia.

Sudah bukan rahasia bahwa jamuan makan selain sebagai media jamuan makan secara kasat mata juga  dimanfaatkan sebagai upaya membangun kesepakatan bersama. Banyak  keputusan-keputusan penting diambil melalui meja makan sebagai bagian dari tata  pergaulan  nasional bahkan internasional. Jamuan makan tidak sekedar persoalan memasukkan makanan ke dalam mulut, tetapi  juga menyangkut etika tertentu bahkan dapat menunjukkan kepribadian seseorang atau bangsa tertentu.  Oleh karena itu, tata krama di meja makan perlu dipelajari oleh para calon diplomat khususnya bagi mahasiswa Prodi Hubungan Internasional FISIP UNS agar memiliki keterampilan tata cara makan dan pergaulan yang berlaku secara internasional diawali dengan tata cara di meja makan melalui event table manner ini.

Table manner 2018 ini juga dimeriahkan dengan pentas seni berupa dance dan paduan suara IR choir dari para mahasiwa Prodi Hubungan Internasional sendiri dan diakhir kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama. (Maryani FISIP UNS)

print