Jalin Solidaritas pada Sesama, Mahafisippa Selenggarakan Donor Darah

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu sesama. Salah satunya melalui kegiatan donor darah yang diinisiasi oleh satu satu unit kegiatan mahasiswa di FISIP UNS, mahasiswa FISIP Pecinta Alam atau biasa disingkat dengan Mahafisippa.

Donor darah diadakan hari  Kamis, 24 Oktober 2019 di Public Space 1 FISIP UNS mulai pukul 08.00-12.30 WIB dan diikuti oleh semua sivitas akademik FISIP UNS baik mahasiswa, tenaga kependidikan serta dosen.  Menurut salah satu pengurus Mahafippa, Niam, kegiatan donor darah dilingkungan kampus FISIP merupakan program kerja  rutin  yang diusahakan penyelenggaraannya dilakukan setiap tiga bulan sekali. Hanya untuk periode tahun 2019 kegiatan ini tidak dilaksanakan pertiga bulan karena ada agenda lain.

Menurut Dokter Dewi, dokter dari Palang Merah Indonesia Cabang Solo, sebelum dilakukan donor darah para peserta harus melakukan registrasi dan cek kesehatan dasar meliputi cek tekanan darah dan tes kadar hemoglobin dalam darah. Apabila memenuhi syarat, para peserta donor dianggap boleh melakukan sesi donor darah selanjutnya. Sebanyak  40 kantong darah dari berbagai jenis didapatkan. Beliau berharap semoga kerjasama yang terjalin selama ini akan terus terjalin dengan baik guna membantu masyarakat banyak yang membutuhkan. (Maryani FISIP UNS)

print