Jalin Kemitraan dan Kolaborasi Pembelajaran, Prodi Sosiologi  Undang Alumni dan Pengguna  dalam Pengembangan Kurikulum Prodi

Perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, mendorong  setiap institusi Pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi harus senantiasa berbenah, termasuk didalamnya semua program studi di universitas. Salah satunya melalui perubahan kurikulum yang merupakan agenda rutin  program studi  sebagai pendukung visi bidang keilmuan, kebutuhan masyarakat maupun kebutuhan pengguna lulusan.

Menjawab pentingnya pembenahan dan perubahan kurikulum ini, Prodi Sosiologi mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi Sosiologi FISIP UNS di Era 4.0. Kegiatan workshop ini dilaksanakan Senin, 26 Agustus 2019 mulai pukul 09.00-13.00 WIB di UNS Inn Solo dan diikuti oleh 40 orang terdiri dari para dosen Prodi Sosiologi, para alumni serta pengguna lulusan Prodi Sosiologi FISIP UNS. Para alumni dan pengguna lulusan Prodi Sosiologi tersebut ada yang berasal dari birokrasi maupun instansi swasta, diantaranya dari PT Indaco Warna Dunia, LSM Gita Pertiwi, TATV, PT Nestle Indonesia,  Balitbang  Kementerian Sosial, Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yayasan Kakak,   Dinas Lingkunga Hidup  Kota Surakarta, Yayasan Al Firdaus, PT Tiga Serangkai, Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Yogyakarta , SMAN 1 Sukoharjo, Solidaritas Perempuan untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (SPEK-HAM) Solo.

Menurut Kepala Prodi Sosiologi FISIP UNS, Dr. Argyo Demartoto,M.Si kegiatan pembenahan dan penyusunan kurikulum dengan  mengundang para alumni serta para pengguna lulusan Prodi Sosiologi ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari para alumni dan pengguna (user) terkait  pembelajaran yang ada di prodi Sosiologi menuju era industri 4.0 serta  meningkatkan kualitas  profil lulusan Prodi Sosiologi kedepan.

Ada tiga agenda utama yang dibahas dalam workshop  pengembangan kurikulum Prodi Sosiologi ini yaitu mengakomodasi serta meminta  masukan para alumni dan pengguna (user) terkait pengembangan kurikulum Prodi Sosiologi yang harus diperbarui (di-update),  menjalin kolaborasi dan kemitraan  serta menegaskan kembali komitmen dan prospek antar instansi terkait potensi yang dimiliki, dan yang terakhir pembentukan ikatan alumni Sosiologi FISIP UNS yang merepresentasikan  ikatan sosiologi yang solid sebagai bagian dari pengembangan serta akreditasi Prodi Sosiologi kedepan.

Hadir memberikan narasi awal dalam acara ini adalah Pajar Hatma Indra Jaya, M.Si, Kepala Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Yogyakarta,  Fatwa Nurul Hakim, S.Sos,  dari Balitbang Kementerian Sosial, Aris Arif Mundayat, Ph.D. dari Prodi Sosiologi serta moderator Akhmad Ramdhon,S.Sos, M.A. (Maryani FISIP UNS)

 

print