Internasionalisasikan Perguruan Tinggi, Tim Pengabdian Masyarakat  FISIP UNS  Sosialisasi ke SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 1 Kota Surakarta

 

Salah satu tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu salah satu  tim pengabdian masyarakat  dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) mengadakan sosialisasi bertema internasionaliasi perguruan tinggi di SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 1 Surakarta,  Hari Rabu-Kamis, 15-16 Agustus 2018. Kegiatan yang diberi judul “Literasi Informasi terhadap Pelajar SMA Kota Surakarta terkait Internasionalisasi Perguruan Tinggi sebagai Referensi Pemilihan Universitas Tujuan” bertujuan  memberikan informasi bagi siswa kelas XII SMA, agar memiliki referensi tambahan yang bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk memilih universitas tujuan mereka setelah lulus nanti terutama pandangan tentang  universitas yang memiliki program internasionalisasi.

Kegiatan pengabdian masyarakat FISIP UNS kali ini diketuai oleh Likha Sari Anggreni, M.Soc.Sc. dengan anggota Monika Sri Yuliarti, M.Si. dan Rino A. Nugroho, Ph.D. yang merupakan kolaborasi dari program studi yang berbeda yaitu Prodi Ilmu Komunikasi dan  Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS. Menurut Likha Sari Anggreni selaku ketua tim pengabdian masyarakat menyatakan bahwa internasionalisasi perguruan tinggi merupakan salah satu isu yang sangat penting untuk disosialisasikan dimana di era global menuntut setiap orang memiliki pandangan yang luas, termasuk dalam menentukan universitas. Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan sekaligus gambaran  bagi siswa SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Surakarta agar bisa memilih universitas dengan standar internasional, dan  memiliki daya saing yang lebih kuat.

Kegiatan hari pertama, dilaksanakan di ruang kelas SMA Negeri 3 Surakarta dan diikuti oleh 50 siswa dari kelas IPA dan IPS.dengan menggunakan metode flyer dan diskusi. Kepala SMA Negeri 3 Surakarta, Drs. Makmur Sugeng, M.Pd. menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan efek positif bagi para siswa untuk bisa menjadi masukan dalam mereka menentukan universitas tujuan mereka setelah lulus dari SMA. Dan pada hari kedua dilaksanakan di Ruang Multimedia SMA Negeri 1 Surakarta diikuti 60 siswa kelas XII IPA dan IPS dengan  menggunakan metode ceramah, praktek, dan diskusi. Dra. Harminingsih, M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 1 Surakarta, juga sangat mendukung kegiatan pengabdian ini dan menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan oleh siswa kelas XII karena bisa melengkapi upaya-upaya yang dilakukan pihak sekolah melalui Bimbingan Konseling.

Sebagai bahan evaluasi, para  siswa diberi kuesioner sebelum dan setelah proses sosialisasi dilaksanakan yang berisi pertanyaan terkait  pemilihan universitas serta pemahaman siswa tentang internasionalisasi perguruan tinggi. Dari hasil penilaian tersebut akan dapat diketahui treatment seperti apa yang lebih efektif diberikan kepada siswa dalam menyiapkan kelanjutan studinya setelah lulus nanti. (Maryani FISIP UNS)

print