ICRS,   KotaKita Foundation dan Chulalongkorn University Lakukan Penjajakan Kerjasama dengan FISIP UNS

Senin, 15 Juli 2019, tim dari The Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS),  KotaKita Foundation bekerjasama dengan Chulalongkorn University Thailand melakukan kunjungan dan penjajakan kerjasama dengan FISIP UNS  dalam pelaksanaan kegiatan “Civic Engagement 4.0 Dignity – Justice – Sustainability”. Konsorsium atau seminar ini direncanakan akan dilangsungkan di FISIP UNS dan beberapa tempat di Kota Surakarta pada tanggal 19-23 Agustus 2019 nanti. Hadir dalam diskusi penjajakan kerjasama tersebut Dekan FISIP UNS Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni M.Si, Ketua Tim Internasionalisasi FISIP UNS Rino Ardhian Nugroho, S.Sos,M.TI, Ph.D, Ms Michiko Yoshida  dari Chulalongkorn University, Mr. Dicky Sofyan dari ICSR  dan Mr. Ahmad Rifai beserta tim dari KotaKita Foundation.

ICRS atau The Indonesian Consortium for Religious Studies adalah konsorsium tiga universitas yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN), dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) yang bersama-sama menawarkan program  Doktor  (Ph.D) dalam studi antar-agama yang disponsori bersama oleh universitas-universitas Muslim, Kristen, dan sekuler nasional. Poin pokok dalam studi ini adalah studi tentang agama-agama yang ada di  Indonesia serta mendorong studi keagamaan di dunia. Program ini dilakukan dalam bahasa Inggris selama  satu semester di universitas asing terkemuka.  Para peserta didik nantinya juga akan mendapatkan gelar doktor  terakreditasi melalui Universitas Gadjah Mada dan ditandatangani oleh Rektor ketiga universitas.

Sedangkan KotaKita Foundation adalah organisasi nirlaba (nonprofit) yang berbasis di kota Solo di Indonesia dengan keahlian dalam perencanaan kota dan partisipasi warga dalam desain dan pengembangan kota serta telah  melaksanakan proyek di 12 kota di Indonesia sebagai jembatan bagi  warga negara dan pemangku kepentingan dalam  memahami masalah perkotaan.

Dan Universitas Chulalongkorn adalah universitas tertua dan salah satu universitas paling bergengsi di Thailand yang memiliki memiliki 18 fakultas diantaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas  Administrasi Publik, Fakultas Teknik, serta Fakultas Seni dan Sains. (Maryani FISIP UNS)

print