HMD FISIP UNS Selenggarakan Seminar Nasional Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 adalah visi yang dicanangkan Pemerintah Indonesia yaitu 100 tahun Indonesia Emas,  dalam hitungan 100 tahun, yang dimulai pada tahun 1945 hingga nanti tepat di tahun 2045.  Dalam usia  ke-100 tahun tersebut,  Indonesia diibaratkan menjadi negara yang maju, mandiri, serta berkehidupan makmur, adil, dan sejahtera. Sebagai salah satu generasi penerus bangsa peran pemuda sangat dibutuhkan termasuk didalamnya mahasiswa. Himpunan mahasiswa diploma Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret  (HMD FISIP UNS) merasa terpanggil ingin mengenalkan sekaligus memberikan pemahaman kepada khalayak luas tentang  apa itu Visi Indonesia Emas 20145 melalui penyelenggaraan kegiatan seminar nasional.

Seminar nasional yang akan dilaksanakan  Minggu, 11 November 2018, pukul 09.00 WIB – 13.00 WIB di AULA Gedung F FKIP UNS mengambil tema Seminar Nasional  Diplonary “Peran Pemuda dalam Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 (Gold Generation)” dengan menghadirkan pembicara : 1) Ken Hendersen (seorang Succes Strategis, Property Developer dan Investor Muda Indonesia); 2) Pangi Syarwi Chaniago (Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting); 3) Krishna Adityangga (CEO of Skynosoft Portal Prime Founder of Oorth) dengan moderator Isna Nur Insani (Mawapres FISIP UNS, Penerima Manfaat Beasiswa Bakti Nusa 8 dan Ketua Semarak Inspirasi), dengan sasaran peserta para generasi muda baik mahasiswa maupun umum. Sesi tema seminar akan  terbagi dalam tiga sub tema sesuai dengan bidang keahlian narasumber  yaitu ekonomi (berkembangnya jiwa enterpreneur), teknologi (kemajuan teknologi di masa depan), dan politik (menuju politik yang berkualitas).

Menurut Widyadewi Metta Adya Irani, Ketua Panitia Seminar Nasional terkait beberapa  alasan  diambilnya tiga sub tema di bidang ekonomi, politik, dan teknologi adalah untuk bidang Ekonomi, tahun 2030 Indonesia diharapkan masuk kedalam 10 besar negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Dan apabila Indonesia tetap konsisten maka di tahun 2045 Indonesia akan masuk kedalam lima besar negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Bidang Teknologi, perkembangan teknologi dari tahun ke tahun menyebabkan tersingkirnya tenaga manusia. Begitu pun di bidang Politik, ketika di tahun 2045 politik Indonesia itu akan dibawa kemana, kebijakan-kebijakan apa yang akan dilakukan dimasa yang akan mendatang dan bagaimana sistem pemerintah dan sebagainya akan dijalankan, sehingga Indonesia akan tumbuh menjadi negara yang kuat. Sebagai pemuda Indonesia apa peran kita dalam harapan atau visi dari 100 tahun Indonesia Emas itu. Lebih jauh dari penyelenggaraan seminar nasional ini diharapkan nantinya para peserta  mampu mengetahui aspek-aspek penting, strategi dan mampu berperan  sebagai seorang pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 melalui bidang ekonomi dengan semangat enterpreneur atau berwirausaha, dibidang teknologi dengan semangat  mengembangkan atau meningkatkan pengetahuan teknologi untuk bersaing di era globalisasi dan di bidang politik, para peserta paham dan dapat mewujudkan politik yang berkualitas untuk Indonesia kedepannya. (Maryani FISIP UNS)

print