Himasos dan  Kampungnesia FISIP UNS Adakan Bedah Buku ”Dari Sergai Ke Kefa: Reportase Anak Muda”

Sebuah perjalanan menulis bagi generasi millenial adalah suatu tantangan tersendiri. Mereka perlu hadir di tengah masyarakat, mendengar kisah dan perjuangan warga sembari menikmati alam Indonesia yang kaya raya.

Adalah Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) dan Kampunesia FISIP UNS berupaya menjembatani upaya mengenalkan dan memberi semangat para generasi milenial khususnya di UNS untuk gemar menulis dan mempublikasikan hasil karyanya sehingga bisa dinikmati dan menjadi pembelajaran kaum mileneal lainnya.

Rabu, 28 November 2018, pukul 09.00- 12.00 WIB bertempat diruang Seminar FISIP UNS telah diselenggarakan Bedah Buku yang berjudul “Dari Sergai Ke Kefa” yang  merupakan kumpulan reportase lapangan 10 penulis muda terpilih dari Sabang sampai Merauke yang  menulis kisah perjuangan para rakyat mulai dari Sergai Bedagai hingga Kefamenanu.

Penulisan Buku ini  difasilitasi oleh Lembaga Studi Pers dan Pembanguna (LSPP) bekerjasama dengan  GEF SGP Terasmitra yang didukung oleh UNDP.  Hadir dalam acara bedah buku tersebut Linda Fitria mahasiswa Antropologi Universitas Gajah Mada dan alumni Prodi Sosiologi FISIP UNS , Maflahah yang saat ini sedang menempuh pendidikan jenjang  Prodi S2  Sosiologi UNS.

LSPP merupakan lembaga yang membuat program penulisan naratif bagi kaum mileneal, dimana kesepuluh peserta tersebut mendapatkan pelatihan penulisan kemudian masing-masing peserta tersebut akan melakukan reportase panjang dengan gaya bercerita dengan pembiayaan penuh dari GEF-SGP dengan  nama Program Narrrative Writing Scholarship. Beberapa wilayah reportase tersebut adalah komunitas nelayan di Serdang Begadai Sumatera Utara, komunitas petani penyadap nira di Banyumas Jawa Tengah, komunita penenun  di Yogyakarta dan Kefamenanu Nusa Tenggara Timur dan Komunitas Adat Tenganan di Bali yang berjuang mempertahankan kearifan lokal . (Maryani FISIP UNS)

print