Gofood Dan  Tim Pengabdian FISIP UNS Dampingi UMKM Go Online

Dalam upaya meningkatkan daya saing produk di era  digital saat ini, kebutuhan akan pengetahuan tentang penggunaan media yang tren saat ini mutlak diperlukan. Seperti yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Fakultas Ilmu Sosial dan  Politik (FISIP) UNS dalam program pengabdiannya untuk meningkatkan  pengetahuan dan pemahaman  bagi pelaku usaha mikro, kecil & menengah (UMKM), telah melaksanakan  kegiatan pelatihan  dengan tema digital marketing  di wilayah kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

Pelatihan  digital marketing   ini telah dilaksanakan  pada hari Sabtu, 20 Jul 2019 yang lalu. Adapun pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Sasono Krido kelurahan Mangkubumen yang kebetulan disitu juga terdapat aktivitas UMKM. Sebanyak lima puluhan peserta mengikuti pelatihan dari Tim FISIP UNS.

Kegiatan UMKM Go Online juga bertujuan agar para pedagang Indonesia bisa bersaing dengan produk negara lain. Nantinya, para pedagang akan diajarkan cara mengambil foto produk yang baik, pembukuan yang baik, pemasaran digital, menggunakan platform penjualan daring, hingga transaksi secara daring. Itu semua akan dilaksanakan dalam bagian program UMKM Go Online

Andre Rahmanto, selaku  ketua kegiatan menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kemitraan masyarakat yang bertujuan membantu target pemerintah 8 juta UMKM berjualan secara online. Menurutnya, saat ini tercatat baru 3,79 juta pelaku UMKM di Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi digital dari total 58,97 juta UMKM. Padahal dengan teknologi internet ini dapat membantu mengakses pasar yang lebih luas dan mengembangkan bisnis UMKM.

Dari diskusi dan observasi pelaku UMKM masih belum menerapkan packaging, branding dan pemasaran untuk go online. Untuk itu Andre Bersama Tim berupaya memberikan beberapa materi pelatihan yang dibutuhkan dengan menggandeng pihak Go-Food untuk dapat memudahkan UMKM mengakses platform tersebut.

Aris,  Perwakilan UMKM Kelurahan Mangkubumen, menyambut gembira kegiatan pelatihan ini karena sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM. “Teman-teman memang mengharapkan bisa mengakses aplikasi. Salah satunya Go-Food ini. Jadi mudah-mudahan setelah pelatihan ini akan semakin meningkat omzetnya.”

Dari pelatihan digital marketing yang dilaksanakan ini para peserta diajari simulasi pendaftaran Go-Food dan akan mendapatkan pendampingan oleh tim pengabdian untuk memastikan mereka bisa menerapkannya dalam proses usahanya. (Maryani FISIP UNS)

 

print