Gilang Pamungkas, Mahasiswa Prodi D3 Vokasi Komunikasi Terapan, Sabet Juara Favorit di Ajang Putra Putri Solo 2019

Salah satu mahasiswa dari Prodi D3 Vokasi  Komunikasi Terapan  dengan minat utama  hubungan masyarakat,  Gilang Pamungkas Wicaksono telah berhasil meraih juara favorit diajang  pemilihan  Putra Putri Solo (PPS) 2019,  yang telah dilaksanakan  pada  hari Sabtu,  3 Agustus 2019 di halaman Balaikota Surakarta.  Acara yang merupakan salah satu agenda besar Kota Surakarta  dihadiri oleh Wakil Walikota, Sekretaris Daerah beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah Surakarta, Duta Wisata se-Soloraya dan tamu undangan yang hadir.

Menurut Gilang biasa disapa,   menyatakan bahwa dia mengikuti ajang ini karena keinginan sendiri, selain  motivasi dan dorongan keluarga dalam mengikuti ajang ini  sangat  tinggi. Sudah  sejak kecil, Gilang terbiasa   terjun didunia  budaya khususnya  seni tari tradisional yang diharapkan mampu  melengkapi  kemampuannya saat ini dalam  menggabungkan dunia pariwisata  yang tidak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai kebudayaan  suatu wilayah atau tempat.

Gilang menambahkan bahwa proses pendaftaran  PPS 2019 telah dilakukan dimulai 1 Juni-18 Juli Kantor Dinas Pariwisata Kota Surakarta.  Banyak indikator  penilaian yang digunakan dalam  kompetisi ini  mulai dari  attitude, bakat, public speaking, kepedulian terhadap  sesama,penampilan, kedisiplinan, sopan santun dan lain-lain.  Di ajang PPS 2019, menurutnya, tidak hanya mencari sosok model atau yang memiliki tampang menarik tetapi juga  mencari sosok yang memiliki sikap yang baik, berakhlak mulia, jujur berkarakter,  rendah hati sehingga dapat menjadi sosok pemuda yang menginterpretasikan pemuda pemudi di Kota Solo yang memiliki  kepribadian unggul, penuh etika dan tata krama, sopan santun sehingga mampu menunjukkan jiwa kepribadian secara utuh, berkarakter dan berkualitas serta  mampu membranding Kota Solo sebagai kota budaya baik dalam lingkup nasional maupun internasional

Dari jumlah pendaftar yang begitu besar diawal kompetisi,  ditahap  seleksi ada dua tahap yaitu tes tertulis dan public speaking. Sedangkan ditahap kedua dilanjutkan dengan tes wawancara dan minat bakat parapeserta..  Dari  20 besar kategori putra dan putri  kemudian diambil 10 besar putra dan putri sebagai finalis Putra Putri Solo 2019 yang  kemudian diberikan pembekalan selama 11 hari. Dan untuk kemenangannya  dikategori Juara Favorit ini,  menurut  Gilang penilaian dilakukan  60%  dari vote penonton dan  40%  dari juri  pada  saat  stage. (Maryani FISIP UNS) (Foto : Rama Kusuma Nusantara)

print