Gama Cakra, Tema PKKMB FISIP UNS 2019.

Selasa, 13 Agustus 2019 menjadi momentum pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 di Universitas Sebelas Maret (UNS) termasuk didalamnya bagi  mahasiswa baru di FISIP UNS. Sebanyak 716 akan mengikuti rangkaian acara dalam PKKMB 2019. Dengan tema  Gama Cakra,  Satu Jingga Membumi Mengudara kegiatan ini akan dilangsungkan mulai Selasa hingga Minggu, 13 – 18 Agustus 2019 di lingkungan UNS dan kampus FISIP UNS,  mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

Menurut Ketua  Panitia PKKMB Audika Rama Dwiky, pengambilan tema Gama Cakra dilandasi dengan filosofi, dari pengertian  Gama, yang  berasal dari bahasa sansekerta yang berarti perjalanan hidup dan Cakra dalam hinduisme berarti pusat tubuh manusia, sedangkan dalam bahasa sansekerta berarti roda kehidupan.  Dan Gamacakra 2019 FISIP UNS ini  akan mengisahkan tentang perjuangan mahasiswa baru FISIP UNS 2019 yang menemukan, merawat, mengembangkan “cakra” yang dimilikinya. Cakra yang ada pada diri mereka masing-masing akan ditempa di Gelanggang Candradimuka. Baik PKKMB maupun kampus akan menjadi Gelanggang Candradimuka bagi para mahasiswa baru sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain.

Beberapa acara telah disusun dalam  kepanitiaan  mulai dengan seremonial pembukaan, teleconference dengan banyak narasumber tingkat nasional maupun regional, pengenalan program studi, pengenalan  unit kegiatan mahasiswa yang berada dilingkungan UNS dan FISIP UNS serta kehidupan akademik dan non akademik lain di  UNS dan FISIP UNS.  (Maryani FISIP UNS)

print