FISIP UNS Tambah Satu Doktor Bidang Studi Film (Film Studies)

Salah satu  dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS), Surakarta, saudara Eka Nada Shofa Alkhajar  telah menyelesaikan jenjang pendidikannya program Doktor di Universitas Frankfurt, Jerman. Eka biasa disapa telah melaksanakan  ujian disertasi (mündliche prüfung/public defense) pada  Selasa, 29 Oktober 2019.  Disertasi doktoral yang berjudul: “Representing Indonesia’s ‘Revolusi’ Years in Film” mendapatkan apresiasi tinggi dari tim penguji yang beranggotakan lima profesor dari lintas disiplin ilmu di Universitas Frankfurt am Main (Jerman).

Menurut Eka yang juga suami dari salah satu dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS, Agusniar Rizka Luthfia, S.Sos., M.P.A. ini menyampaikan bahwa disertasi setebal lebih dari 400 halaman tersebut merupakan hasil kerja ilmiah selama empat tahun. Disertasi tersebut membahas mengenai studi film sejarah Indonesia (historical film studies) dengan mengombinasikan dua pendekatan berbeda yakni studi film (film studies) dan studi sejarah film (film history studies). Disertasi yang termasuk ke dalam bidang studi film dan media (film- und medienwissenschaften/film and media studies) tersebut memperoleh nilai terbaik 1.0 (outstanding). Atau setara dengan nilai 4.0 dalam sistem penilaian di Indonesia. Hal ini tentu menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Ujian disertasi tersebut digelar di Juridicum, 7. OG, Raum 718, Campus Bockenheim di Universitas Frankfurt, Jerman.

Dengan selesainya  ujian disertasi dari saudara Eka Nada Shofa Alkhajar ini, maka sampai hari ini FISIP UNS telah memiliki 29 Doktor dari beberapa Program Studi yang ada dengan berbagai disiplin ilmu masing-masing.  Untuk itu segenap sivitas akademik FISIP UNS mengucapkan selamat untuk saudara Eka Nada Shofa Alkhajar, semoga dapat memperkuat barisan FISIP UNS dan semakin berkah ilmunya. Aamiin YRA (Maryani FISIP UNS).

print