FISIP UNS Selenggarakan Seminar Bertemakan Pancasila  Sebagai Platform Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia  (BPIP)  Republik Indonesia bersama dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menyelenggarakan  Seminar Pancasila secara serentak di semua fakultas di UNS. Di FISIP UNS Seminar Pancasila dengan tema Pancasila  Sebagai Platform Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  “Aktualisasi  Nilai-Nilai Pancasila Untuk Menangkap Radikalisme dan Intoleransi Pada Generasi Milenial” ini diikuti oleh akademisi program studi serta mahasiswa di FISIP UNS.

Adapun kegiatan seminar sendiri dilaksanakan di Aula FISIP UNS, Senin, 19 Agustus 2019 mulai pukul 09.00 -13.00 WIB dengan menghadirkan  empat narasumber yaitu Prof. Dr. Saparinah  Sadli seorang penggiat pergerakan perempuan Bidang Pemberdayaan Perempuan;  Dr. Mohammad Sabri, AR, M.Ag Direktur  Pengkajian Materi BPIP RI; Drs. Dwi Tiyanto, SU  dosen dari FISIP UNS;  Redy Eka Prasetyo,S.Psi salah seorang Pegiat seni dan budaya dari pelosok kampung-kampung dan  Pendiri Jaringan Kampung Nusantara dari  Kota Malang; dan Dewi Kanti Setianingsih dari Komunitas Adat Karuhun Sunda Wiwitan.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menyampaikan  paham radikalisme yang tidak menghargai perbedaan wajib dihindarkan mengingat kemerdekaan Indonesia adalah hasil dari banyak perbedaan yang disatukan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Beliau menambahkan dengan momen hari kemerdekaan RI ke 74 dengan tagline SDM Unggul Indonesia Maju, Prof Ismi generasi muda saat ini mampu menjadi pemimpin masa depan yang dapat menjunjung martabat Bangsa Indonesia. (Maryani FISIP UNS)

 

print