FISIP UNS Mulai Siapkan Self Assesment Report  AUN QA

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret  (FISIP UNS)  terus mempersiapkan akreditasi internasional  Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA) untuk Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS.   Salah satunya melalui  kegiatan workshop menuntaskan penyusunan dokumen self assesment  report (SAR).

Workshop Penyusunan SAR AUN QA ini diselenggarakan  Kamis, 13 Desember 2018, mulai pukul 08.30-15.00 WIB di Hotel Indah Palace  Solo dan diikuti oleh Tim percepatan AUN QA FISIP  dari kedua program studi dan tenaga kependidikan sebagai pendukung datanya. Hadir sebagai narasumber  Dr. Subando Agus Margono, M.Si (Ketua Program Sarjana Departemen   MKP Universitas Gajah Mada  Yogyakarta yang akan mengulas tentang pengalaman dari MKP UGM dalam menyusun SAR AUN QA UGM serta memberi pertimbangan terhadap draf  SAR dari Prodi Ilmu Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS yang telah dibuat sebelumnya. Usaha ini harus dipersiapkan oleh tim  FISIP UNS, sehingga upaya untuk meningkatkan reputasi global ke jenjang internasional dapat diwujudkan.

Sebagaimana diketahui AUN-QA sendiri merupakan sebuah organisasi jejaring universitas di Asean yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi diantara Negara-negara  Asean. Salah satu kegiatan AUN QA adalah melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN, melakukan pemantauan kualitas secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan agar dapat  mempertahankan dan meningkatkan kualitas  terhadap anggota-anggotanya. AUN QA  hanya  merupakan sertifikasi program studi, dan bukan akreditasi karena akreditasi merupakan bagian dari QA,  Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). Proses ini  akan diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan Action For Improvement terhadap hasil SAR. Setelah itu baru akan dilakukan proses visitasi oleh tim reviewer dari anggota AUN yang berasal dari negara ASEAN lainnya untuk memberikan masukan terhadap self assessment yang telah dilakukan.

Standar penilaian AUN-QA ada 15 kriteria yang meliputi expected learning outcome, programme specification, programme structure and content, teaching and learning strategy, student assessment, academic staff quality, support staff quality, students quality, student advice and support, facilities and infrastructure, quality assurance of teaching learning process, staff development activities, stakeholders feedback, output, stakeholders satisfaction.

Bagi FISIP UNS AUN QA bukan merupakan tujuan akhir melainkan proses yang terus berjalan dan dilaksanakan  agar dapat melangkah dan berkarya dalam  memperbaiki standar mutu sesuai kriteria pendidikan tinggi internasional.  (Maryani FISIP UNS)

print