FISIP UNS Lakukan Negosiasi  Kerjasama Akademik dengan National Sun Yat Sen University (NSYSU)  Kaohsiung dan National Chengchi University (NCCU)  Taipei

Prof Ismi sedang berdiskusi dengan Prof Jang dekan College of Social Science NSYSU 4/12/2018

Selain melakukan kuliah tamu (visiting lecture) Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni M.Si selaku dekan FISIP UNS dan Rino A Nugroho, M.Ti, Ph.D   juga melakukan negosiasi kerjasama akademik antara UNS dengan National Sun Yat Sen University (NSYSU)  pada tanggal 3 dan 4 Desember 2018. Sebagai langkah pertama negosiasi kerjasama akademik dilakukan antara Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni dengan Prof Frank Cheng-Shan Liu sebagai Director of Institute Political Science NSYSU, Professor Chyi-Lu Jang selaku Dean College of Social Science NSYSU dan dengan Assistant Professor Jason Yu selaku Director of International Relation Division NSYSU.

Ketiganya ditemui terpisah tetapi menghasilkan kesepakatan yang sama. Pada intinya kedua pihak bersepakat untuk memperkuat kerjasama akademik, terutama berkaitan dengan peningkatan kapasitas staff pengajar FISIP UNS yang berkeinginan untuk melanjutkan studi S-3 disana dan mengkaji kemungkinan adanya double degree program di tataran S2. NSYSU akan memfasilitasi staff akademik yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi ini dengan memberikan skema beasiswa yang memiliki batasan usia cukup longgar dibandingkan dengan skema beasiswa lain.

Diskusi tentang tindak lanjut MoU UNS-NSYSU dengan Ms Tanya Hsu Executive Manager International Office 4/12/2018

Selain mengajar dan negosiasi kerjasama akademik NSYSU. Kunjungan Prof Dr Ismi dan Dr Rino ke Taiwan juga dilanjutkan ke Taipei. Pertemuan di kota ini dilakukan pada tanggal 5 Desember 2018 dan diinisiasi oleh anggota International Office UNS Dr Murni Ramli yang sedang melakukan post-doctoral di Taipei. Di kota ini rombongan diterima oleh National Chengchi University (NCCU) yang berisi oleh beberapa pengambil kebijakan di NCCU yaitu : Prof. To-Hai Liou, Vice President for International Cooperation, Office of Int’l Cooperation, Prof. Chung-Chian Teng, Director, IMPIS, College of International Affairs, Prof. Wai-Yip So, Chair, Department of Public Administration, College of Social Sciences.

Pada kesempatan pertama Prof Liou dari International Cooperation NCCU menyambut kedatangan rombongan FISIP UNS dengan memberikan penjelasan tentang fasilitas dan program studi yang tersedia di NCCU. Pembicaraan dilanjutkan oleh Prof Teng yang menjelaskan peluang studi lanjut di bidang hubungan internasional dan Prof So yang menjelaskan peluang studi lanjut di bidang Administrasi Publik.

Foto Bersama dengan petinggi NCCU, Taipei, Taiwan 5/12/2018

Di akhir sesi Prof Dr Ismi memberikan penjelasan tentang kelebihan dan kekuatan FISIP UNS dan membuka kesempatan untuk kerjasama akademik di masa mendatang dalam penyelenggaraan konferensi internasional, peningkatan kapasitas staff akademik melalui studi lanjut dan double degree. Prof Liou selaku pimpinan rombongan NCCU pada prinsipnya menyetujui usulan Prof Dr Ismi dan bertekad untuk membentuk tim khusus untuk menindaklanjuti kerjasama antara kedua Universitas. Kunjungan ke Taiwan berakhir pada tanggal 6 Desember 2018, setelah sebelumnya transit selama 5 jam di Bandara Soekarno – Hatta di Jakarta. (Maryani FISIP UNS)

print