FISIP UNS Dukung Internasionalisasi Lewat Partisipasi Konferensi AAPA 2019 di Manila

Dalam rangka memperluas dan meningkatkan penelitian serta pertukaran akademis tentang administrasi publik dan kebijakan publik di wilayah Asia, sejak tahun 2010 Asian Association for Public Administration (AAPA) menyelenggarakan konferensi internasional tahunan. Bekerja sama dengan De La Salle College of Saint Benilde, tahun ini AAPA mengadakan konferensi ke-10. Konferensi tahunan  AAPA 2019 ini dilaksanakan  pada tanggal 22-24 Mei 2019 di Hotel Benilde dan De La Salle – College of Saint Benilde Taft Campus  Kota Manila, Filipina.  Adapun tema yang diusung dalam penyelenggaraan konferensi internasional tahun ini adalah “Public Administration and The Future: Challenges and Opportunities in Realizing the Sustainable Development Goals and Directions for Reform and Capacity Building”.

Sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan konferensi tersebut, program studi Magister Administrasi Publik (MAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret mengirimkan lima orang perwakilannya untuk berpartisipasi dalam konferensi tahunan AAPA 2019 di Manila. Kelima orang tersebut terdiri dari dua orang dosen dan tiga orang mahasiswa atas nama. Delegasi dari FISIP UNS tersebut adalah  Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M. Si dengan judul artikel Internationalization Policy in Higher Education: Who Gets What?,  Dr. Didik Gunawan Suharto, S. Sos, M. Si dan Irine Helvetikasari, S. Sos dengan judul artikel “Challenges of Public-Private Partnership in Human Resources Development of Textile and Textile Products PublicPrivate Partnership and SDGs”,  Desti Permitasari, S. Sos dengan judul artikel “Internationalization of Higher Education in The 4th Industrial Revolution Era: Overview of Readiness and Capacity in The Implementation of Distance Learning in Indonesia”,  Nida Hanin Dary, S. IP dengan judul artikel “Strategic Planning of Human Resources Management in Supporting Public Private Partnership in Facing Challenges of the Industrial Revolution 4.0”.

Menurut Prof Ismi yang juga Dekan FISIP UNS menyampaikan, bahwa selama tiga hari dari tanggal 22-24 Mei 2019, kelima wakil Prodi Magister Administrasi Publik  mengikuti serangkaian kegiatan AAPA 2019 mulai dari seminar ahli dan pemaparan artikel. Seminar ahli dalam konferensi AAPA 2019 menghadirkan berbagai pembicara dari berbagai negara diantaranya yaitu Prof. Dr. Eko Prasojo, Dr Rosemarine Edillon, Prof Jose Chiu C. Chen, Dr George Labaki, dan Dr Heungsuk Choi. Partisipasi dosen dan mahasiswa Magister Administrasi Publik dalam konferensi AAPA 2019 merupakan wujud dari output kegiatan riset skim hibah Pascasarjana dengan ketua Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M. Si dan skim penelitian peningkatan kapasitas grup riset (PPKGR) dengan ketua Dr. Didik Gunawan Suharto, S. Sos, M. Si. Ikut sertanya dosen dan mahasiswa dalam konferensi internasional AAPA 2019 merupakan salah satu bentuk dukungan dari rencana internasionalisasi program studi S2 Magister Administrasi Publik FISIP UNS. (Maryani FISIP UNS)

print