FISIP Jadi Salah satu Tempat Penyelenggaraan Coaching Clinic MoJoc 2019 iNews

FISIP UNS Solo menjadi salah satu tempat penyelenggaraan  kegiatan Coaching Clinic Mobile Journalist Competition (MoJoC) 2019. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari tanggal  24 April di FISIP UNS dan tanggal 25 April 2019 di Monumen Pers Surakarta dengan peserta dari kalangan umum dan mahasiswa. Di FISIP UNS, tak kurang 70 peserta mengikuti acara tersebut di Ruang Seminar Gedung 1 Lantai 2 FISIP UNS, mulai pukul 13.00-17.00 WIB. Hadir sebagai narasumber atau coach  Choiri Ahmadi dan Geri Azriel Shiddik (Country Manager, Strategic Partnerships, YouTube – Indonesia & Malaysia di Google).

Kegiatan Coaching Clinic MoJoC 2019 merupakan hasil kerjasama antara Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS dibantu Himakom dengan iNews. Perlu diketahui bahwa iNews merupakan satu dari lima media di Indonesia yang menerima dukungan dana inovasi YouTube.  Di Kesempatan ini iNews akan  memberi kesempatan kepada mahasiswa maupun umum untuk mengikuti coaching clinic “Reporter Vlog” gratis  bersama  10 kota lain di Indonesia. Kesepuluh kota tersebut  Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Palembang, Denpasar, dan Makassar. Dari setiap kota tersebut   akan diambil  10 peserta terbaik  untuk mengikuti coaching clinic lanjutan dan mendapatkan  smartphone gratis. 

Dalam sambutannya Ch. Heny Surwanti,S.Sos,M.Si mewakili Kaprodi Ilmu Komunikasi menyampaikan apresiasi atas kepercayaan iNews memilih UNS dan Solo sebagai salah satu dari 10 Kota besar di Indonesia dalam gelaran Coaching Clinic MoJoC 2019 ini. Beliau berharap apa yang nanti disampaikan dapat memberi tambahan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas terkait dengan era digital di Indonesia saat ini.

Menurut Yadi Hendriana dalam releasenya, menyatakan bahwa dalam coaching clinic, semua peserta akan mendapatkan tips dan trik bagaimana memproduksi karya jurnalistik audio visual dengan ponsel pintar, teknik sinematografi, penulisan naskah sesuai kaidah jurnalistik, serta penyuntingan video dan pembuatan grafis yang menarik. Para peserta juga mendapat pembekalan teknis dan etika, sehingga mereka bisa membuat berita yang berkualitas, benar, dan bertanggung jawab, dan berharap program ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa UNS khususnya  serta dapat memperkaya pengetahuan dan dapat menginspirasi pilihan karir di era digital ini. (Maryani FISIP UNS)

print