Evaluasi Akreditasi

PANDUAN PEMANTAUAN DAN EVALUASI PERINGKAT AKREDITASI
DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET

A.PENGANTAR

Akreditasi Program Studi merupakan kegiatan penilaian pengelolaan Program Studi  yang sesuai dengan kriteria pengelolaan yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti). Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan Program Studi atas dasar kriteria yang mengacu pada SN Dikti, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 55 Ayat (1) dan Ayat (2). Akreditasi bertujuan untuk menjamin mutu Program Studi secara eksternal baik bidang akademik maupun nonakademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret saat ini memiliki 8 (delapan) Program Studi mulai dari tingkat Sarjana dengan 4 Program Studi, Magister (3 Program Studi) dan Doktoral ( 1 program Studi), dengan Status Akreditasi antara lain:

No Program Studi Akreditasi Program Studi
Status Peringkat No dan Tgl SK Tgl. Kadaluarsa
1 S1 Administrasi Negara A 2380/SK/BANPT/Akred/S/X/2016 20/10/2021
2 S1 Ilmu Komunikasi A 3690/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2020 28/06/2025
3 S1 Sosiologi A 6554/SK/BAN-PT/Akred/X/2020 20/10/2025
4 S1 Hubungan Internasional B 6385/SK/BAN-PT/Ak-PKP/X/2020 13/10/2025
5 S2 Ilmu Komunikasi A 3254/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2018 12/12/2023
6 S2 MAP A 1226/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2018 02/05/2023
7 S2 Sosiologi B 1292/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2018 08/05/2023
8 S3 Ilmu Komunikasi Pengajuan Akreditasi

Jangka waktu berlakunya Akreditasi untuk Program Studi yang ditetapkan oleh BAN-PT adalah 5 (lima) tahun. BAN-PT akan memperpanjang kembali jangka waktu Akreditasi tanpa melalui permohonan perpanjangan Akreditasi setelah dilakukan evaluasi oleh BAN-PT dengan menggunakan data dan informasi yang diperoleh dari Kementerian, dan/atau karena adanya laporan masyarakat, tentang dugaan pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam bidang pendidikan tinggi, dan/atau adanya penurunan mutu dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi berdasarkan data PDDikti.

Peraturan Menteri dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi, pada Pasal 29 huruf h mengatur bahwa salah satu tugas dan wewenang BAN-PT adalah melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pemenuhan syarat peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi yang telah ditetapkan. Kegiatan pemantauan dan evaluasi akreditasi Program Studi dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Pemantauan Tahap 1 dilakukan berdasarkan data perguruan tinggi dan program studi pada PDDikti. Pemantauan tahap ini dilakukan secara machine to machine antara PDDikti dan SAPTO BAN-PT.
  2. Pemantauan Tahap 2 dilakukan jika BAN-PT masih memerlukan informasi yang lebih lengkap dari perguruan tinggi. Pada tahap ini BAN-PT akan meminta perguruan tinggi untuk menyampaikan Data Kinerja dan Laporan Evaluasi Kinerja sesuai format yang ditetapkan. Selanjutnya panel asesor akan ditugaskan untuk melakukan asesmen terhadap kedua dokumen tersebut.
  3. Pemantauan Tahap 3 dilakukan jika DE masih memerlukan informasi lebih lanjut atas kondisi perguruan tinggi dan program studi, atau hasil Pemantauan Tahap 2 mengindikasikan adanya penurunan peringkat. DE akan menugaskan panel asesor yang sama dengan yang ditugaskan pada Pemantauan Tahap 2 untuk melakukan asesmen lapang ke perguruan tinggi sesuai panduan yang ditetapkan. Asesmen lapang pada tahap ini pada dasarnya adalah konfirmasi atas data dan informasi yang ada di dalam dokumen DK dan LEK kepada pimpinan perguruan tinggi, manajemen, dan stakeholders yang relevan.

BAN PT menetapkan hasil proses Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi yang dapat berupa:

  1. syarat peringkat Akreditasi masih terpenuhi untuk selanjutnya akan dijadikan bahan pertimbangan perpanjangan Keputusan Peringkat Akreditasi untuk jangka waktu 5 (lima) tahun berikutnya; atau
  2. syarat peringkat Akreditasi tidak lagi dipenuhi, sehingga BAN-PT mencabut Keputusan Peringkat Akreditasi yang telah diberikan dan menetapkan Keputusan Peringkat Akreditasi yang baru.

BAN PT akan menyampaikan keputusan hasil pemantauan dan evaluasi ke Perguruan Tinggi, dan dalam hal terjadi keputusan baru maka keputusan tersebut diumumkan kepada publik melalui laman web BAN-PT.

B.PROSEDUR PEMANTAUAN PERINGKAT AKREDITASI PROGRAM STUDI

Pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi program studi (PEPA-PS) dilakukan terhadap program studi menjelang berakhirnya masa berlaku akreditasi sebelumnya. Pemantauan dan evaluasi dilakukan terhadap program studi yang memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Berstatus aktif berdasarkan data PDDikti;
  2. Memiliki mahasiswa aktif yang terdaftar di PDDikti; dan
  3. Diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki dosen tetap yang ditugaskan mengampu mata kuliah pada program studi yang dipantau yang tercatat di PDDikti.

Program studi yang tidak memenuhi ketentuan maka BAN-PT tidak dapat menerbitkan Perpanjangan Keputusan Akreditasi. Untuk program studi yang memenuhi ketentuan, Perpanjangan Keputusan Akreditasi diterbitkan setelah dilakukan pemantauan, evaluasi dan penilaian terhadap kinerja program studi dalam 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun terakhir, yang terdiri atas 3 tahapan pemantauan, yaitu:

  1. Pemantauan Tahap 1. Pada tahap ini evaluasi dan penilaian dilakukan berdasarkan data program studi yang dilaporkan oleh perguruan tinggi ke PDDikti. BAN-PT akan mengajukan permintaan data program studi ke pengelola Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), kemudian melakukan evaluasi dan penilaian sebagai dasar penetapan Perpanjangan Keputusan Akreditasi
  2. Pemantauan Tahap 2. Dalam hal hasil penilaian Pemantauan Tahap 1 belum memenuhi syarat Perpanjangan Keputusan Akreditasi, maka proses pemantauan dan evaluasi dilanjutkan ke Pemantauan Tahap 2. Pada tahap ini BAN-PT akan menyampaikan pemberitahuan ke Perguruan Tinggi untuk mengajukan dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja untuk Program Studi yang diakreditasi. Dokumen yang diajukan selanjutnya akan dievaluasi dan dinilai oleh tim asesor. Hasil penilaian dokumen pada Pemantauan Tahap 2 akan digunakan BAN-PT sebagai dasar penetapan Perpanjangan Keputusan Akreditasi.
  3. Pemantauan Tahap 3. Dalam hal hasil penilaian Pemantauan Tahap 2 belum memenuhi syarat Perpanjangan Keputusan Akreditasi, maka proses pemantauan dan evaluasi dilanjutkan ke Pemantauan Tahap 3. Pada tahap ini BANPT akan menugaskan tim asesor untuk melaksanakan verifikasi fakta dan kondisi lapang di perguruan tinggi tempat penyelenggaraan program studi terhadap data dan informasi yang disampaikan dalam dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja.

C.PENILAIAN PEMANTAUAN
C.1. PENILAIAN PEMANTAUAN TAHAP 1

Hasil penilaian Pemantauan Tahap 1 digunakan sebagai dasar untuk menetapkan perpanjangan peringkat akreditasi sebelumnya ke peringkat akreditasi yang sama. Untuk program studi dengan peringkat terakreditasi A, B, atau C, penetapan perpanjangan peringkat akreditasi ditentukan oleh Nilai Pemantauan Tahap 1 dan pemenuhan Syarat Perlu Perpanjangan Tahap 1 dengan penjelasan sebagaimana ditunjukkan pada Tabel 1 di bawah ini.

Tabel 1, Penetapan Perpanjangan Peringkat Terakreditasi A, B, atau C pada Pemantauan Tahap 1
Keterangan: *) V = memenuhi Syarat Perlu Perpanjangan Tahap 1, X = tidak memenuhi Syarat Perlu Perpanjangan Tahap 1.

Untuk program studi dengan peringkat akreditasi Unggul, Baik Sekali, atau Baik, penetapan perpanjangan peringkat akreditasi ditentukan oleh Nilai Pemantauan Tahap 1, pemenuhan Syarat Perlu Perpanjangan Tahap 1, dan pemenuhan Syarat Perlu Peringkat dengan penjelasan sebagaimana ditunjukkan pada Tabel 2 di bawah

Tabel 2, Penetapan Perpanjangan Peringkat Akreditasi Unggul, Baik Sekali, atau Baik pada Pemantauan Tahap 1

Keterangan:
*) V = memenuhi Syarat Perlu Perpanjangan Tahap 1, X = tidak memenuhi Syarat Perlu Perpanjangan Tahap 1
**) V = memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul, X = tidak memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul.
***) V = memenuhi Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali, X = tidak memenuhi Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali

Syarat Perlu Perpanjangan Tahap 1 diberlakukan pada beberapa butir penilaian yang menunjukkan kelayakan operasional program studi dalam 3 tahun terakhir pada elemen mahasiswa, dosen, dan lulusan. Syarat Perlu Perpanjangan Tahap 1 meliputi:

  1. Jumlah mahasiswa baru dalam 3 tahun terakhir (TS-2 s.d. TS).
  2. Pada program sarjana dengan jumlah kebutuhan lulusan tinggi, berlaku pemenuhan syarat perlu perpanjangan sebagai berikut: Rata-rata penurunan jumlah mahasiswa baru kurang dari atau sama dengan 20%.
  3. Pada program sarjana dengan jumlah kebutuhan lulusan rendah, berlaku pemenuhan syarat perlu perpanjangan sebagai berikut: Ada mahasiswa baru terdaftar di setiap tahun dalam 3 tahun terakhir (TS-2, TS-1, dan TS).
  4. Kecukupan jumlah dosen tetap yang mengampu mata kuliah di program studi pada saat TS, dengan ketentuan pemenuhan syarat perlu perpanjangan sebagai berikut: Jumlah dosen tetap yang mengampu mata kuliah di program studi pada saat TS lebih dari atau sama dengan 10.
  5. Batas maksimum keterlibatan dosen tidak tetap yang mengampu mata kuliah di program studi pada saat TS, dengan ketentuan pemenuhan syarat perlu perpanjangan sebagai berikut: Persentase jumlah dosen tidak tetap terhadap jumah seluruh dosen (dosen tetap dan dosen tidak tetap) yang mengampu mata kuliah di program studi pada saat TS kurang dari atau sama dengan 40%.
  6. Rasio jumlah mahasiswa program studi terhadap jumlah dosen tetap. Ketentuan hanya berlaku pada program sarjana dengan jumlah kebutuhan lulusan tinggi, dan tidak berlaku pada program sarjana dengan jumlah kebutuhan lulusan rendah. Pada program sarjana dengan dengan kebutuhan lulusan tinggi berlaku pemenuhan syarat perlu perpanjangan sebagai berikut: Rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen tetap kurang dari atau sama dengan 60.
  7. Jumlah lulusan dalam 3 tahun terakhir (TS-2 s.d. TS).
  8. Pada program sarjana dengan jumlah kebutuhan lulusan tinggi, berlaku pemenuhan syarat perlu perpanjangan sebagai berikut: Rata-rata penurunan jumlah lulusan kurang dari atau sama dengan 20%.
  9. Pada program sarjana dengan jumlah kebutuhan lulusan rendah, berlaku pemenuhan syarat perlu perpanjangan sebagai berikut: Ada lulusan setiap tahun pada 3 tahun terakhir (TS-2, TS-1, dan TS).

Jika satu atau lebih butir tidak terpenuhi, maka pemantauan dan evaluasi akan dilanjutkan ke Pemantauan Tahap 2.

Syarat Perlu Peringkat diberlakukan pada beberapa butir penilaian yang menunjukkan keunggulan program studi pada peringkat Unggul atau Baik Sekali, yaitu:

  1. Pada peringkat Unggul:
  2. Skor butir penilaian Kualifikasi Akademik dosen tetap lebih dari atau sama dengan 3,50.
  3. Skor butir penilaian Jabatan Akademik dosen tetap lebih dari atau sama dengan 3,50.

Jika salah satu atau kedua butir penilaian tidak terpenuhi, maka pemantauan dan evaluasi akan dilanjutkan ke Pemantauan Tahap

C2.PENILAIAN PEMANTAUAN TAHAP 2

Untuk program studi dengan peringkat terakreditasi A, B, atau C, penetapan perpanjangan peringkat akreditasi ditentukan oleh Nilai Pemantauan Tahap 2 sebagaimana ditunjukkan pada Tabel 3 di bawah ini. Nilai Pemantauan Tahap 2 dihitung berdasarkan nilai rata-rata terbobot dari seluruh butir yang dinilai pada dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja.

Tabel 3 Penetapan Perpanjangan Peringkat Terakreditasi A, B, atau C pada Pemantauan Tahap 1

Untuk program studi dengan peringkat akreditasi Unggul, Baik Sekali, atau Baik, penetapan perpanjangan peringkat akreditasi ditentukan oleh Nilai Pemantauan Tahap 2 dan pemenuhan Syarat Perlu Peringkat dengan penjelasan sebagaimana ditunjukkan pada Tabel 4 di bawah ini. Nilai Pemantauan Tahap 2 dihitung berdasarkan nilai rata-rata terbobot dari seluruh butir yang dinilai pada dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja.

Tabel 4 Penetapan Perpanjangan Peringkat Akreditasi Unggul, Baik Sekali, atau Baik pada Pemantauan Tahap 2

Keterangan:
*) V = memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul, X = tidak memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul. **) V = memenuhi Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali, X = tidak memenuhi Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali

Syarat Perlu Peringkat diberlakukan pada beberapa butir penilaian yang menunjukkan keunggulan program studi pada peringkat Unggul atau Baik Sekali, yaitu:

  1. Pada peringkat Unggul:
  • Skor butir penilaian Kualifikasi Akademik Dosen Tetap lebih dari atau sama dengan 3,50.
  • Skor butir penilaian Jabatan Akademik Dosen Tetap lebih dari atau sama dengan 3,50.
  • Skor butir penilaian Waktu Tunggu lebih besar dari atau sama dengan 3,50.
  • Skor butir penilaian Kesesuaian Bidang Kerja lebih besar dari atau sama dengan 3,50.

Jika satu atau lebih butir penilaian tidak terpenuhi, maka pemantauan dan evaluasi akan dilanjutkan ke Pemantauan Tahap 3.

  1. Pada peringkat Baik Sekali:
  • Skor butir penilaian Kualifikasi Akademik Dosen Tetap lebih dari atau sama dengan 3,00.
  • Skor butir penilaian Jabatan Akademik Dosen Tetap lebih dari atau sama dengan 3,00.
  • Skor butir penilaian Waktu Tunggu lebih besar dari atau sama dengan 3,00.
  • Skor butir penilaian Kesesuaian Bidang Kerja lebih besar dari atau sama dengan 3,00.

Jika satu atau lebih butir penilaian tidak terpenuhi, maka pemantauan dan evaluasi akan dilanjutkan ke Pemantauan Tahap 3.

C3.PENILAIAN PEMANTAUAN TAHAP 3

Untuk program studi dengan peringkat terakreditasi A, B, atau C, penetapan perpanjangan peringkat akreditasi ditentukan oleh Nilai Pemantauan Tahap 3 yang diverifikasi dari fakta dan kondisi lapang di perguruan tinggi dan program studi, sebagaimana ditunjukkan pada Tabel 5 di bawah ini.

Tabel 5 Penetapan Perpanjangan Peringkat Terakreditasi A, B, atau C pada Pemantauan Tahap 3

Untuk program studi dengan peringkat akreditasi Unggul, Baik Sekali, atau Baik, penetapan perpanjangan peringkat akreditasi ditentukan oleh Nilai Pemantauan Tahap 3 yang diverifikasi dari fakta dan kondisi lapang di perguruan tinggi dan program studi, serta pemenuhan Syarat Perlu Peringkat dengan penjelasan sebagaimana ditunjukkan pada Tabel 6 di bawah ini.

Tabel 6 Penetapan Perpanjangan Peringkat Akreditasi Unggul, Baik Sekali, atau Baik pada Pemantauan Tahap 3

Keterangan:
*) V = memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul, X = tidak memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul.
**) V = memenuhi Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali, X = tidak memenuhi Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali.

Syarat Perlu Peringkat diberlakukan pada beberapa butir penilaian yang menunjukkan keunggulan program studi pada peringkat Unggul atau Baik Sekali, yaitu:

  1. Pada peringkat Unggul:
  • Skor butir penilaian Kualifikasi Akademik Dosen Tetap lebih dari atau sama dengan 3,50.
  • Skor butir penilaian Jabatan Akademik Dosen Tetap lebih dari atau sama dengan 3,50.
  • Skor butir penilaian Waktu Tunggu lebih besar dari atau sama dengan 3,50.
  • Skor butir penilaian Kesesuaian Bidang Kerja lebih besar dari atau sama dengan 3,50.

Jika satu atau lebih butir pada syarat perlu peringkat tidak terpenuhi, maka keputusan akan ditetapkan sesuai Tabel 6 di atas.

2. Pada peringkat Baik Sekali:

  • Skor butir penilaian Kualifikasi Akademik Dosen Tetap lebih dari atau sama dengan 3,00.
  • Skor butir penilaian Jabatan Akademik Dosen Tetap lebih dari atau sama dengan 3,00.
  • Skor butir penilaian Waktu Tunggu lebih besar dari atau sama dengan 3,00.
  • Skor butir penilaian Kesesuaian Bidang Kerja lebih besar dari atau sama dengan 3,00.

Jika salah satu butir pada syarat perlu peringkat tidak terpenuhi, maka keputusan akan ditetapkan sesuai Tabel 6 di atas.