Industri kreatif telah menjadi sektor penting dalam perekomonian nasional, dimana sektor ini telah menyumbang pada  PDB  sebesar 7,8% atau senilai Rp. 235.633 miliar dan menduduki peringkat ke 6 dari seluruh sektor Utama Industri dan Perdagangan Nasional. Nilai rata rata tersebut lebih tinggi dari rata-rata yang diperoleh dari Sektor Keuangan, Real Estate dan Jasa Perusahaan, dll. Gejala ini menunjukkan bahwa Sektor Industri Kreatif merupakan sektor penting dalam perekonomian nasional, karena memiliki kontribusi PDB yang cukup besar.  (Studi Industri Kreatif Indonesia, 2009, hal. 106).
Oleh karena itu  pemerintah secara gencar melancarkan program-program pengembangan industri kreatif yang melibatkan lintas lembaga, mulai dari Bappenas, Depkominfo, Ristek, UKM dan Koperasi, ESDM, Keuangan Deplu dan Pendidikan Nasional sampai dengan Pemerintah Daerah. Dikoordinasi oleh Menko Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, diharapkan perkembangan industri kreatif ini dapat dilakukan dengan cepat, baik dan terencana. Dunia bisnis dan kaum intelektual pun dihimbau untuk membantu program pengembangan industri kreatif tersebut.
Salah satu sektor dalam Industri Kreatif adalah di sektor Film video dan fotografi, Televisi dan Radio dan Periklanan. Perkembangan saat ini terdapat peluang pekerjaan dan peluang usaha yang luas di tiga sektor tersebut, mengingat pertumbuhan atas kebutuhan informasi dan hiburan yang berkembang di masyarakat.
Jadi… buat apa tunggu lagi, ayo ramai-ramai mendaftar di Program DIII Komunikasi Terapan FISIP Universitas Sebelas Maret….dan jadilah Professional Communicators bersama kami!

Kerjasama

  1. Kompas TV
  2. PT. Tirta Investama (AQUA) Klaten
  3. Kusuma Sahid Prince Hotel
  4. Dreamligth World Media Cabang Yogyakarta
  5. Hotel Sahid Jaya Surakarta

Lapangan Kerja

Alumni Program DIII Komunikasi Terapan FISIP UNS tersebar di berbagai instansi seperti :Metro TV, Trans7, Global TV, RCTI, AN TV,Borobudur TV, Antara TV, Prambors FM, NET Mediatama Indonesia, LPP RRI,Terang Abadi Televisi, Solopos, Dreamlight World Media, Alfamart TV,Garuda Indonesia, Perum Angkasa Pura,Telkom, BRI, Mata Advertising, dlsb.

Kompetensi

Peminatan Penyiaran:

  1. Menguasai konsep dan implementasi dari Perancangan, Koordinasi, Produksi dan Evaluasi Program Siaran Radio Televisi.
  2. Menguasai teori dan konsep penyutradaraan program Radio danTelevisi
  3. Menguasai bahasa dan Gramatikal Bahasa Produksi Radio Televisi.
  4. Menguasai dasar-dasar teori dan praktik jurnalistik Radio Televisi.
  5. Menguasai  minimal salah satu bahasa internasional.

Peminatan Periklanan:

  1. Menguasai Konsep dan Aplikasi tentang Manajemen Periklanan secara praktis.
  2. Menguasai Konsep dan Teknik Penulisan Naskah Iklan dan Desain Grafis
  3. Menguasai isu perkembangan teknologi dan media dan kaitannya dengan periklanan
  4. Menguasai Konsep dan Metode Riset Periklanan
  5. Menguasai Teori, Konsep dan Produksi Iklan Cetak, Audio Visual dan Media Sosial
  6. Menguasai  minimal salah satu bahasa internasional

Peminatan Humas

  1. Menguasai konsep komunikasi massa, komunikasi publik dan relationship pencitraan, persuasi
  2. Menguasai pengetahuan kontekstual tentang posisi fungsi dan praktik humas dalam berbagai setting organisasi baik pemerintah swasta atau lembaga swadaya masyarakat
  3. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi menggunakan teknologi terbaru dan terkini
  4. Menguasai prinsip media relation dan perkembangan teknologi terbaru
  5. Menguasai etika hubungan masyarakat dan nilai nilai kemanusiaan
  6. Menguasai  minimal salah satu bahasa internasional.
print