Dengan Filosofi Burung Hantu, Buka Semangat Mahasiswa Baru FISIP UNS 2018

Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) Tahun 2018 dipusatkan di halaman depan gedung 1 FISIP UNS Senin 13 Agustus 2018. Dalam rangkaian pembukaan tersebut secara simbolis ada prosesi pelepasan balon  dan penyematan tanda peserta (cocard) PKKMB kepada perwakilan  mahasiswa baru. Tepat pukul 11.00  WIB, Dekan FISIP UNS Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si membuka acara tersebut dan  melepaskan balon berwarna putih dan jingga  sebagai simbol dibukanya PKKMB FISIP UNS 2018 dengan tagline Gama Cakra! 2018 Cerdas Berintegritas didampingi oleh jajaran Pimpinan Dekanat yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik Drs. SudarmoMA,Ph.D, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Sutopo MS .

Menurut Tri Junianto, Ketua Panitia PKKMB FISIP 2018 makna Gama Cakra berasal dari 2 kata, Gama berasal dari bahasa sansekerta yang berarti perjalanan hidup, dan Cakra, dalam hinduisme berarti pusat dari tubuh manusia, DAN dalam bahasa sansekerta diartikan sebagai roda kehidupan. Selain itu dalam tubuh manusia memiliki berbagai macam cakra yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan yang dapat  menciptakan kekuatan tertentu.  Dan agar dapat berfungsi maksimal maka cakra tersebut harus dilatih, dan mahasiswa baru FISIP UNS 2018 juga perlu ditempa agar dapat bermanfaat bagi banyak orang. Penempaan tersebut dapat dimulai dengan PKKMB, gerbang awal mahasiswa melakukan transisi dari kehidupan SMA ke kehidupan perkuliahan.

Lebih jauh Tri Junianto menyampaikan pemaknaan  logo Burung Hantu dengan warna kemerahan dalam  PKKMB FISIP UNS 2018 dengan  filosofinya yang berkaitan dengan kebijaksanaan, sedikit bicara namun banyak mendengar dan pastinya sikap rendah hatinya yang tak suka pamer!. Logo ini dianggap mewakili semangat mahasiswa FISIP dengan membawa  api semangat  menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang luar biasa.  Selain itu dalam logo burung hantu tersebut juga  dilukiskan memiliki sembilan  warna bulu yang berbeda di badannya yang menggambarkan  jumlah program studi S1 dan D3 di FISIP UNS.  (Maryani FISIP UNS)

print