Delapan SMA Negeri di Kota Solo Ikuti FGD Internasionalisasi  UNS lewat Media Baru

Empat orang Peneliti Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) Surakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bertemakan “Persepsi sekolah tentang internasionalisasi melalui website dan media sosial Universitas Sebelas Maret “ di Adhiwangsa Hotel, Surakarta pada hari Senin 3 September 2018. Kegiatan yang melibatkan Kepala Sekolah dan Koordinator Guru Bimbingan Konseling dari 8 (delapan) SMA Negeri di Kota Surakarta, sebagai bagian dari stakeholder UNS merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pada studi tentang Internasionalisasi Perguruan Tinggi dalam New Media yang dilakukan oleh tim peneliti FISIP UNS tersebut
Dalam releasenya, Monika Sri Yuliarti salah seorang dari tim peneliti FISIP UNS tersebut menyampaikan FGD dibuka oleh Dr. Jasman Indradno, M.Si yang menjabat sebagai Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah III Jawa Tengah, dan ditutup oleh Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.
Dr. Jasman Indradno, M.Si dalam sambutannya mengajak peserta FGD untuk aktif menyampaikan pendapatnya terkait dengan internasionalisasi UNS melalui media baru yang telah menjadi amanat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) agar hasil FGD bisa meningkatkan internasionalisasi UNS melalui media baru, karena UNS adalah aset kota Surakarta. Lebih lanjut, beliau menginformasikan bahwa pada bulan Oktober 2018, pihaknya akan mengadakan pameran pendidikan tinggi dengan peserta universitas dari dalam dan luar negeri. Untuk mendukung internasionalisasi, pihak UNS dipersilahkan untuk memanfaatkan event tersebut guna memperluas kerjasama dengan universitas dari luar negeri, salah satunya dengan meningkatkan program Double Degree.
Monika Sri Yuliarti menambahkan, dalam kegiatan FGD tersebut terbagi menjadi dua sesi yang mendiskusikan tentang pemahaman peserta FGD terkait dengan internasionalisasi universitas, internasionalisasi di UNS, serta representasi internasionalisasi UNS melalui media baru yang dimiliki oleh UNS, meliputi website dan media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram). Kegiatan FGD ini juga merupakan bagian dari proses pengumpulan data pada studi internasionalisasi UNS melalui media baru yang dilaksanakan oleh tim peneliti dari FISIP UNS dengan ketua peneliti Likha Sari Anggreni, M.Soc.Sc. dan beranggotakan Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si., Rino A. Nugroho, Ph.D., dan Monika Sri Yuliarti, M.Si sendiri.
Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni ,M.Si salah seorang tim peneliti sekaligus menjabat sebagai Dekan FISIP UNS dalam sambutan penutupannya, menyampaikan bahwa studi ini sangat penting mengingat pe-ranking-an universitas dalam lingkup global merupakan salah satu hal yang bisa mendukung reputasi UNS di kancah internasional. Sementara media baru dapat dijadikan sebagai salah satu unsur yang digunakan dalam penilaian pe-ranking-an universitas. (Maryani FISIP UNS)

print