TRAFIKING

Book Cover: TRAFIKING

Fakta tentang anak-anak yang dilacurkan selain menghinamartabat manusia, merupakan bentuk kejahatan serius. Meluasnya industri seks dibeberapa negara, telah mengakibatkan banyak anak yang dipaksa menjadi pekerja seks komersial. Melalui trafficking, yaitu perdagangan manusia untuk kepentingan ekonomi, anak dijadikan komoditas oleh mereka yang pada umumnya lebih dewasa. Aktivitas pelacuran yang kemudian dilakukan secara terselubung untuk menghindari sanksi hukum, menyebabkan anak-anak tidakterperhatikan dan tidak mendapatkan perlindungan. Secara fisik maupun mental anak sesungguhnya juga belum siap untuk melakukan hubungan seks, sehingga resiko untukterluka lebih besar, dan luka inilah yang potensial untuk tertular berbagai penyakit.

Di Kota Surakarta yang dikenal sebagai kota plesiran wisata), terdapat beberapalokasi pelacuran yang melibatkan anak-anak yang terbuka (di pinggir jalan),setengah terbuka (di mal, warung, cafe) dan tertutup (di hotel, salon, panti pijat, rumah penampungan dan rumah bordil). Faktor apa yang mendorong seorang anak menjadi pelacur di Surakarta? Siapa yang menjadi pelaku dan siapa pulakah korbannya? Dalam buku ini, penulis berusaha menelusuri jaringan serat melakukan analisa mendalam tentang akar permasalahan yang menyebabkan suburnya prostitusi anak ini serta solusi-solusi yang dapat dijadikan rujukan bagi para pemangku kepentingan.

Tentang Penulis

Dra. Rahesli Humsona, M.Si

Pengajar di Jurusan Sosiologi FISIP& Universitas Sebelas Maret Surakarta. Lulus dari Jurusan Sosiologi FISIP UGM tahun 1989 dan Program Pascasarjana (S2) Sosiologi Pedesaan IPB tahun 1998. Selain serangkaian penelitian tentang prostitusi anak yang menjadikannya sebagai Peneliti & Penyaji terbaik Penelitian Dosen Muda Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen & Nasional (PDM DitjenDikti Depdiknas) tahun 2005, juga pernah melakukan serangkaian penelitian tentang komunitas  di sekitar Candi Borobudur. Rangkaian penelitian yang teligah dilakukan saat ini tentang aspek-aspek sosial dalam bencana,Beberapa tulisan pernah dimuat dalam media cetak lokal maupun nasional, serta jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional.

print