Merajut Sistem Sosial Budaya Indonesia

Book Cover: Merajut Sistem Sosial Budaya Indonesia

merajut-sistem-sosial-budaya-indonesiaKehidupan sosial adalah gugus interaksi antara individu-individu yang ada di dalamnya. Sistem sosial, karenanya, adalah pertautan dan saling keterpengaruhan antara seseorang  dengan orang lain, saya, secara sosial, sangat bergantung pada keberadaan Anda sebagai  apapun  saya, dan dalam posisi  apapun Anda. Contoh sederhana: adakah dosen tanpa mahasiswa (dan sebaliknya). Oleh karena itulah sistem sosial, bukanlah satu-satunya cara untuk mencari solusi atas persoalan bangsa. Nyata bahwa yang dihadapi oleh Indonesia bukan saja problem hubungan sosial antar elemen bangsa, namun juga persoalan politik yang berhubungan dengan alokasi kekuasaan dan penyelenggaraan negara. Juga problem ekonomi yang terutama berkait dengan persoalan distribusi dan akses terhadap sumber dan asset penghidupan. Juga kebudayaan dan agama

Barangkali ada baiknya juga bila kita membuat "perbandingan" antara individu dan organisasi. Organisasi dibentuk oleh individu sebagai piranti untuk mencapai tujuan kolektif maupun tujuan pribadi. Sifatnya sebagai piranti itu menjadikan organisasi tidak harus selatu ada. Keberadaannya sebatas dipandang diperlukan dan akan efektif untuk mencapai tujuan kolektif itu. Pada kenyataannya, tujuan bersama (kolektif) tidak selalu sama dengan tujuan pribadi. Karenanya, dalam organisasi ada aturan memaksa (regulasi) untuk mengontrot perilaku anggotanya bertindak dalam mencapai tujuan bersama.

Dengan adanya Paradigma pertukaran. Paradigama ini menganggap masyarakat sebagai bentuk pertukaran sosial. Ikatan sosial yang dilakukan dalam pengertian bahwa kehidupan sosial merupakan proses saling memberi dan menerima.

Buku Ini ditulis oleh Dr. Sutopo,M.S dengan editor Prof Dr.Andrik Purwasito,DEA yang menyampaikan bahwa system budaya Indonesia yang terdiri dari struktur majemuk masyarakat Indonesia serta bagaimana stratifikasi sosial Indonesia sehingga  dengan memahami  berbagai potensi dan kondisi sistem sosial itu minimal dapat menekan konflik sosial yang terjadi dimasyarakat. Buku ini juga sudah ber ISBN : 978-602-397-065-0 (Dipublikasi Maryani  FISIP UNS)

 

Published: 4 January 2017
Tags:
print