Beri Tantangan Yang Edukatif dan Interaktif,  Mahasiswa Kenalkan Program Studi D3 Komunikasi Terapan  UNS Melalui Pameran Interaktif Ala Kumunya

Dalam rangka memperkenalkaan program studi D3 Komunikasi Terapan Universitas Sebelas Maret (UNS) , mahasiswa Advertising  (Periklanan) Program studi D3 Komunikasi Terapan UNS telah mengadakan kegiatan pameran yang ditujukan kepada  mahasiswa  UNS Surakarta. Kegiatan ini  mengusung tema Aksentuasi  dengan nama “KU.MU.NYA” yang  artinya Untuk-Ku, Untuk-Mu, Untuk-nya yang menggambarkan 3 minat utama  yang ada  pada program studi D3 Komunikasi Terapan UNS yaitu Advertising, Broadcast, dan Public Relation.

Pameran Kumunya  dilaksanakan, Senin-Selasa,  10-11 Desember 2018 bertempat di Waiting Room Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS dengan bentuk kegiatan pameran yang diwarnai dengan berbagai tantangan  yang edukatif, interaktif serta menarik yang dikemas dengan maping tempat menyerupai lorong. Pada setiap lorong,  para pengunjung akan  menjumpai berbagai tantangan  yang berbeda-beda. Pada masing-masing tempat terdapat kuratorial berupa penjelasan tentang masing-masing minat utama mengenai apa saja yang dipelajari, selain itu juga  terdapat  kuratorial tentang  berbagai konten mengenai masing-masing tantangan yang akan mereka tebak.

Menurut Delta, salah seorang anggota kelompok dari Kumunya menyampaikan bahwa selama dua hari pelaksanaan pameran, terdapat lebih dari 200 pengunjung mahasiswa dari berbagai program studi yang antusias untuk menebak berbagai tantangan yang ada pada pameran Kumunya.  Hal ini  cukup menjadi bukti bahwa pameran Kumunya merupakan pameran yang berbeda dari pameran lainnya.  Karena Kumunya  memasukkan unsur interaktif langsung dengan para pengunjung sehingga membuat para pengunjung tidak hanya sekedar tahu, tetapi juga dapat memahami berbagai konten yang ditampilkan karena berbagai tantangan yang akan dilalui pengunjung pada Lorong-lorong di pameran Kumunya memiliki kesan,pesan, dan keseruan yang berbeda-beda.

Berbagai konten yang berbasis tantangan pada jurusan Advertising diterapkan dengan  menebak logo dan poster internasional dari berbagai brand seperti WWF,NVIDIA,QUICKSILVER,VOLKSWAGEN, dan RALPH LAUREN.  Terlihat para pengunjung sangat antusias dalam menebak karena banyak huruf yang telah diacak yang pastinya akan membingungkan para pengunjung.

Selain itu, terdapat tantangan untuk menebak berbagai gambar poster internasional seperti iklan Sandisk, Asuransi, Pepsi, dan masih banyak yang lainnya. Gambar poster iklan tanpa caption yang bertujuan mengajak para pengunjung untuk berfikir maksud dari iklan tersebut. Untuk pengunjung yang tidak dapat menebak, akan dijelaskan oleh kurator sehingga para pengunjung akan menambah pengetahuan dengan memahami tentang logo dan apa maksud dari poster yang dipasang.

Untuk penerapan pada minat utama  Broadcast yang umumya lekat dengan dunia pertelevisian, pada pameran Kumunya terdapat tempat untuk para pengunjung mengutarakan pendapatnya tentang siaran-siaran yang ada di Televisi jaman sekarang, apakah mengedukasi atau tidak. Para pengunjung dapat menulis pendapat mereka dan ditempel pada team YES/NO yang sudah tersedia pada pameran Kumunya. Selain itu, juga terdapat tantangan untuk foto Flat Lays dengan berbagai barang-barang yang sudah tersedia. Para pengunjung dapat memilih barang apa saja yang akan mereka jadikan untuk objek foto yang nantinya apabila mereka upload di sosial media instagram mereka masing-masing akan mendapatkan berbagai marchendise seperti Stiker, Gantungan Kunci, Totebag, dan Kaos dengan ketentuan foto dan caption yang mereka upload informatif dan menarik.

Pada minat utama Public Relation, pameran Kumunya menyediakan berbagai contoh Merchendise dan Company Profile yang menarik karya mahasiswa dari D3 Komunikasi Terapan yang diharapkan para pengunjung dapat menambah wawasan lewat contoh merchendise dan company profile yang ditampilkan.

Selain berbagai tantangan yang edukatif, interaktif dan pastinya menyenangkan, para pengunjung juga dapat melihat Powerpoint  di 3 booth dari 3 jurusan D3 Komunikasi Terapan UNS yaitu Advertising, Broadcast, dan Public Relation yang berisi materi-materi yang diajarkan serta hasil karya dari mahasiswa pada 3 jurusan tersebut. Desain Powerpoint yang menarik serta terdapat tontonan hasil karya yang edukatif dapat menambah pengetahuan para pengunjung tentang  apa saja yang dipelajari pada masing-masing jurusan pada D3 Komunikasi Terapan UNS.

Selanjutnya, para pengunjung dapat mengekspresikan perasaan mereka pada hari itu lewat menggambar yang kemudian ditempel pada booth yang tersedia. Setelah selesai menggambar, para pengunjung dapat berfoto di booth yang dapat langsung mereka upload pada akun sosial media mereka dengan menandai akun Kumunya. Tersedianya booth foto berlatar belakang gambaran ekspresi wajah  dapat menarik para pengunjung yang umumnya mahasiswa yang masih muda dan aktif disosial media. Kegiatan ini didukung  media partner ( Fiesta Radio ) yang telah membantu dalam proses mempromosikan pameran Kumunya.

Kesebelas personal  Kumunya yang telah berhasil menggelar acara keren  ini adalah Taufiq Ilyas Nur Hidayat,  Mahmudah Indriani, Kevin Harry Dharmawan, Winda Hartianti, Dinda Nur Alifa, Pandu Putra Pamungkas,  Risykiana Annisa Ramadhani, Raina Pristiwaniwati Pratiwi, Farhan Nurseta, Adelia Aisyah Putri, Kiky regita pramesti arifin, dan  Megantoro Ginanjar C. (Maryani FISIP UNS)

 

print