Bangun Jejaring Ormawa, HIMSOS UNPAD Lakukan Studi Kerja ke HIMASOS FISIP UNS

 

Salah satu upaya  membangun silaturohmi dan  jejaring kerjasama dalam organisasi kemahasiswaan antar perguruan tinggi adalah melalui jalur kunjungan kerja atau biasa dikenal sebagai studi banding. Hal ini dilakukan oleh salah satu Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMSOS) Universitas Padjajaran  (UNPAD) Bandung  ke Himpunan Mahasiswa  Sosiologi (HIMASOS) FISIP UNS, Jumat, 11 Oktober 2019 kemarin di Aula FISIP UNS.

Kunjungan dari HIMSOS UNPAD ini merupakan rangkaian studi banding eksternal yang dijalankan oleh himpunan tersebut. Kegiatan diikuti oleh 62 mahasiswa UNPAD, dan 37 Mahasiswa Sosiologi  FISIP UNS,  dimulai pukul 13.00 sampai pukul 17.00 WIB, dengan sambutan dari masing-masing Ketua Himpunan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program kerja dari himpunan masing-masing yang berlangsung cukup meriah. Selanjutnya, agenda yang paling pokok dari kujungan Studi Banding ini adalah Focus Group Disscusion antara masing-masing divisi. Dalam FGD, staff divisi bertukar pengalaman untuk kemajuan himpunannya serta upaya saling berbagi,   membangun jejaring dan menyusun aksi bersama untuk kemajuan bangsa.

Penyerahan cindera mata oleh Ketua dan Wakil Ketua HIMSOS UNPAD kepada HIMASOS UNS menjadi ujung dari acara ini. Cindera mata yang dihadiahkan oleh HIMSOS UNPAD berupa busur dan anak panah, anak panah menggambarkan poin-poin tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang, dan busur menggambarkan media atau jembatan yang digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan itu, salah satunya adalah himpunan  atau organisasi.

Menurut Amalia salah satu pengurus HIMASOS FISIP UNS, dengan kunjungan ini diharapkan dapat terjalin silaturahmi  dan menjadi sebuah jaringan yang kokoh dalam pengembangan mahasiswa dan institusi untuk kemajuan kreativitas, penalaran dan keilmuan.  Karena organisasi kemahasiswaan  merupakan  wadah kegiatan penalaran dan minat bakat mahasiswa yang harus terus  dikembangkan secara optimal, sehingga ide, pemikiran kreatif dan orisinil mahasiswa dapat disalurkan secara proporsional dan tersistematis. (Maryani FISIP UNS)

 

print