Bangun Jejaring Kerja, FISIP UNS Terima Studi Kerja FISIP UIN Hidayatullah Jakarta

Dalam rangka  menambah wawasan dan pengetahuan dalam bidang akademik, umum dan  keuangan sebagai langkah  pengembangan  Fakultas Ilmu Sosial  dan Ilmu Politik   (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN)  Syarif Hidayatullah Jakarta kedepan, maka  diperlukan studi kerja ke beberapa universitas salah satunya di  FISIP UNS.

Kegiatan ini dilangsungkan Hari Jumat, 11 Oktober 2019,   mulai pukul 09.00-13.00 WIB di Ruang Sidang 1 Gedung 4 Lantai 2. Hadir menyambut para delegasi UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, Dekan FISIP UNS Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ahmad Zuber, M.Si, Kepala Prodi Hubungan Internasional, Kepala Prodi D3 Komunikasi Terapan, Kepala Prodi Sosiologi  beserta pejabat struktural mulai dari Kepala Bagian Tata Usaha serta para Kepala Sub Bagian FISIP UNS.

Sebanyak 16  delegasi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terdiri dari Jajaran Dekanat, Kepala dan Sekretaris di tiga   Program Studi  yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Politik, dan  Prodi Hubungan Internasional, Koordinaror Gugus Jaminan  Mutu Fakultas  beserta para pejabat struktural di lingkungan FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS,  Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menyambut baik kunjungan kerja dari FISIP UIN Hidayatullah Jakarta mengingat kedua Fakultas ini memiliki beberapa program studi yang sama yaitu Prodi Sosiologi dan Prodi Hubungan Internasional. Dengan beberapa kesamaan yang ada maka banyak dimungkinkan dilakukan kolaborasi Bersama dalam bidang penelitian dan penyelenggaraan konferensi baik dalam skala nasional maupun internasional.  Sebagaimana beberapa kolaborasi riset  dan penyelenggaraan even yang telah dilakukan selama ini oleh FISIP UNS dengan Warren Wilson College (WWC) Amerika, Burapha University, Universitas Utara Malaysia,  Kurume University Jepang  dan Sun Yat Sen University Taiwan.

Dr. Ali  Munhanif, MA, Dekan UIN Jakarta  studi kerja ini dimaksudkan sebagai upaya pengembangan wawasab dan pengetahuan serta peningkatan kerjasama Lembaga dalam usaha meningkatkan layanan dan  Lembaga Pendidikan tinggi disamping sebagai studi banding agar menjadi lebih baik. Dr. Ali menyampaikan bahwa FISIP UIN Hidayatullah baru berdiri sekitar 10 tahun yang lalu dan saat ini memiliki tiga program studi yang sudah terakreditasi A yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Hubungan Internasional.  Saat ini akan mengembangkan Prodi baru maupun Prodi selanjutnya menjadi prodi dengan strata lebih tinggi yaitu Program magister (Prodi S2). Dan Pemilihan FISIP UNS sebagai lokasi studi kerja saat ini dengan pertimbangan bahwa FISIP UNS memiliki reputasi yang  baik,  di daerah Jawa Tengah dan Istimewa Yogyakarta.

Banyak hal diperbincangkan dalam  studi kerja tersebut diantaranya  upaya dalam membangun jejearing dibidang akademik, penelitian serta pengabdian masyarakat,  pengelolaan keuangan, penjaringan UKT (uang kuliah tunggal),hingga  peningkatan prestasi mahasiswa ditingkat regional, nasional bahkan internasional. (Maryani FISIP UNS)

print