Bangun Budaya Mutu Program Studi, FISIP UNS  Lakukan Pelatihan Pembuatan LKPS dan LED  berstandar IAPS 4.0

Membangun budaya mutu di perguruan tinggi secara berkelanjutan senantiasa diupayakan saat ini,  agar tercapai mutu Pendidikan yang berstandar nasional maupun internasional Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.  Dalam Peraturan Badan Akreditasi Nasional Pergutuan Tinggi (BAN-PT)  Nomor 4 Tahun 2017 telah ditetapkan Kebijakan Penyusunan Instrumen Akreditasi  dimana sistem akreditasi nasional baik perguruan tinggi maupun program studi yang awalnya berbasis input -output  diubah menjadi akreditasi berbasis outcome melalui instrument akreditasi  program studi  (IAPS) 4.0.

Adanya IAPS  4.0 mengharuskan Perguruan Tinggi membuat Laporan Kinerja Program Studi (LKPD) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) yang  berbeda dalam hal bobot penilaian, 25% untuk komponen LKPS dan 75% komponen Evaluasi Diri yang semula hanya berbobot 10%. Borang akreditasi program studi  dibuat dalam format yang lebih sederhana tetapi berbasis output dengan  9 Standar  dari 7 Standar  yang ada sebelumnya.

LKPS berisi data kuantitatif yang secara bertahap akan diambil dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) yang memuat capaian indikator kinerja unit pengelola program studi (UPPS) sebagai unit pengusul akreditasi program studi (APS), serta program studi yang diakreditasi. Indikator ini disusun BAN-PT secara khusus dengan mempertimbangkan kekhasan program studi tersebut. Sedangkan LED merupakan dokumen evaluasi yang disusun secara komprehensif sebagai bagian dari pengembangan program studi, yang tidak hanya menggambarkan status capaian masing-masing kriteria, tetapi juga memuat analisis atas ketercapaian atau ketidaktercapaian suatu kriteria.

Sebagai upaya persiapan dan sosialisasi kerja LKPS dan LED program studi di FISIP UNS tersebut, Bidang akademik fakultas dan Tim Jaminan Mutu FISIP UNS menyelenggarakan “Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Program Studi dan Lembar Evaluasi Diri Program Studi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret”. Pelatihan diselenggarakan Selasa, 16 Juli 2019 mulai pukul 09.00-15.00 WIB dengan narasumber Wakil Dekan Bidang Akademik Dra. Prahastiwi Utari, M.Si,Ph.D, yang juga Tim Asesor  Mutu Internal UNS dan salah satu Asesor BAN-PT di Indonesia. Pelatihan dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Tim Jaminan Mutu Fakultas Dan Tim Jaminan Mutu Program Studi, Kepala Program Studi dan Pejabat Struktural di lingkungan FISIP UNS. (Maryani FISIP UNS)

 

print