Bangun Iklim Akademik Internasional, FISIP UNS Selenggarakan “Dig-Asia Summer Course 2021”,

Bangun Iklim Akademik Internasional, FISIP UNS Selenggarakan “Dig-Asia Summer Course 2021”,

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS), bekerjasama dengan Center for Southeast Asian Social Studies (CESASS UGM), melaksanakan rangkaian acara DIG-ASIA Summer Course 2021 FISIP UNS yang diselenggarakan pada tanggal 06 – 13 Oktober 2021 dengan mengangkat tema “Asia’s Digital Transformation in Times of Covid-19 Pandemic”. Kegiatan ini di koordinatori oleh Dr. Yuyun Sunesti, M.Soc Addin Kurnia Putri., S.Sos, M.A dan Muhammad Alif Alauddin.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang IV Prof. Sajidan, Dekan FISIP UNS Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, dan Direktur CESASS UGM Prof. Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni.
DIG-ASIA Summer Course FISIP UNS diselenggarakan dalam rangka peningkatan mutu proses pembelajaran di FISIP UNS dan penggagasan inisiasi kerjasama dengan universitas peringkat dunia serta mempromosikan UNS dengan mendatangkan praktisi/akademisi untuk berdiskusi dan bertukar gagasan penting, agar mendapatkan atmosfer akademik guna peningkatan reputasi UNS ditingkat Internasional.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS, Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan DIG-ASIA 2021
“Suatu kehormatan dan kebahagiaan yang besar bagi saya untuk menyambut acara pagi ini, “DIG-ASIA Summer Course. dengan tema yang diangkat yaitu transformasi digital dimasa pandemic covid-19, yang telah berhasil mendatangkan pembicara dari Universitas Sebelas Maret, Universitas Gadjah Mada, Peace Generation Indonesia, National University of Malaysia, Asian Vision Cambodia dan Flinders University of Australia”.
Prof Ismi juga menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan relevan dengan kondisi yang dialami saat ini.
Dr. Yuyun Sunesti menyampaikan bahwa tujuan dari DIG-ASIA Summer Course 2021 adalah bertukar gagasan, pengetahuan dan informasi antara mahasiswa asing, praktisi/akademisi dan sivitas akademika FISIP UNS dapat membuka peluang kolaborasi dan peningkatan reputasi akademik UNS.

“Kegiatan DIG-ASIA Summer Course FISIP UNS bermanfaat agar mahasiswa mendapatkan atmosfer perkuliahan kelas dunia. sehingga diharapkan dapat membuka wawasan dan motivasi mahasiswa dalam proses belajar yang lebih baik. Selain pertukaran ide, summer course juga diharapkan dapat menjadi pintu masuk kerjasama UNS dengan pakar praktisi/akademisi.

Lebih jauh Dr Yuyun menyampaikan beberapa tema yang diangkat berhubungan dengan sub tema yang tidak terbatas hanya politik dan pemerintahan, media dan budaya, ekonomi, ekologi, tetapi juga isu-isu tentang pemuda dan agama. Acara ini menggandeng dosen-dosen kompeten dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan sehingga terdapat berbagai vairiasi isu-isu yang diangkat pada setiap agendanya, tuturnya. (Maryani UNS