Dua Mahasiswa FISIP UNS Lolos Mengikuti Student Exchange di Universiti Utara Malaysia

Dua Mahasiswa FISIP UNS Lolos Mengikuti Student Exchange di Universiti Utara Malaysia

Dua mahasiswa dari Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS,  Kartika Nur Hidayati (D0118060) dan Ahlul Wursita Kumar (D0119009) berhasil lolos mengikuti  kegiatan student exchange dalam  program International Credit Transfer (ICT),  di Universiti Utara Malaysia, yang akan dimulai tanggal 17 Oktober 2021  (orientation day) hingga sekitar bulan Februari 2022 atau  satu semester kedepan.  ICT merupakan  salah satu program beasiswa yang inisiasi oleh  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia,  dimana  setiap  universitas pengusul dapat mengirimkan 10 mahasiswa ke perguruan tinggi luar negeri setelah dilakukan proses seleksi  sebelumnya.

Kartika Nur Hidayati, menceritakan awal mengikuti program ICT. Sebelumnya dia mencari   informasi di website

kemendikbudristek, setelah mendapatkan info program ini, Kartika menghubungi international office UNS yang dikepalai oleh  Rino Ardhian Nugroho,S.Sos, M.TI, Ph.D , yang kemudian memberi bimbingan dari awal pendaftaran  hingga pembuatan learning agreement.

“Awalnya saya mencari info tentang student exchange yang ada diwebsite Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi,  setelah mendapatkan info ada program ICT, saya kemudian menghubungi internasional office UNS. Sama pak Rino Kepala IO, saya dan teman saya,  Ahlul Wursita  dibantu mulai dari proses pendaftaran, pengumpulan persyaratan  hingga pembuatan perjanjian pembelajaran (learning agreement)”.  Hal ini dibenarkan oleh Ahlul Wursita Kumar, yang menyampaikan hal yang sama.

Kartika Nur Hidayati  dan Ahlul Wursita Kumar mendapatkan kesempatan kuliah di UUM Malaysia secara online selama satu semester bersama dengan mahasiswa lain diseluruh dunia bukan hanya dari Malaysia saja . Dan  mereka berdua akan  mengambil  tiga (3) mata kuliah masing-masing berbobot 3 kredit atau total 9 SKS.  Perkuliahan ini disesuaikan dengan mata kuliah yang ada di Indonesia atau melalui proses rekognisi setelah dikonsultasikan pada Kaprodi Ilmu Administrasi Negara.

Kartika berharap dengan keikutsertaannya di ajang  ini  dapat  menambah pengalaman dan ilmu yang belum didapat selama mereka berdua berkuliah di UNS, dapat memperluas jaringan pertemanan lintas negara, mempersiapkan diri untuk dapat bersaing di lingkup internasional, dan bisa menjadi pembuka peluang untuk mahasiswa AN ataupun fisip lainnya untuk bisa mendapat kesempatan merasakan perkuliahan di universitas luar negeri, khususnya di Universiti Utara Malaysia.

Sedangkan Ahlul Wursita Kumar menyampaikan karena ini pengalaman pertama kalinya, maka ia berharap dapat menjalani program ini dengan baik,  mendapatkan banyak pengetahuan yang belum pernah ia  dapatkan sebelumnya serta  bisa mewakili teman-teman untuk membawa nama baik UNS di kancah internasional, merekatkan hubungan lintas negara dan  bisa memotivasi teman-teman agar selalu semangat dalam mengembangkan akademisnya.

Atas prestasi kedua mahasiswa ini,  segenap civitas FISIP UNS mengucapkan selamat terus berkarya dan berinovasi demi nama baik almamater, bangsa dan negara.(Maryani FISIP UNS)