Selamat, Prodi S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS Raih Predikat Baik Sekali dari BAN-PT

Selamat, Prodi S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS Raih Predikat Baik Sekali dari BAN-PT

Setelah pelaksanaan asesmen  lapangan yang dilaksanakan  secara virtual tanggal 8-9 September 2021 lalu, Prodi Doktor (S3) Ilmu Komunikasi FISIP UNS berhasil meraih  predikat Baik Sekali  dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang ditetapkan melalui  keputusan  BAN-PT Nomor 9046/SK/BAN-PT/Ak-PKP/D/VI/2021.

Saat ini, akreditasi tidak lagi membedakan PTN dan PTS. Akreditasi dalam dunia pendidikan tinggi merupakan pengakuan atas suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal sehingga lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan praktek profesinya.  Akreditasi juga merupakan ruh bagi perguruan tinggi dan  BAN PT dibentuk untuk membantu pemerintah dalam upaya melakukan tugas dan kewajiban melaksanakan pengawasan mutu dan efisiensi pendidikan tinggi.

Rangkaian asesi akreditasi yang  diawali dengan  kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap komponen dari masukan, proses, dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor dan dilanjutkan verifikasi berkas dan penilaian.  Proses akreditasi memiliki tujuan ganda, yaitu: menginformasikan kinerja perguruan tinggi kepada masyarakat, mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditempuh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat. Peringkat pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada perguruan tinggi didasarkan atas hasil akreditasi perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh BAN PT.

Banyak sekali manfaat sertifikat akreditasi  BAN-PT baik bagi institusi maupun mahasiswa, diantaranya   untuk pengusulan proyek institusi, menarik calon mahasiswa baru, mempermudah para lulusan dalam dunia kerja karena beberapa instansi bahkan perusahaan swasta pun sudah mensyaratkan calon tenaga kerjanya harus berasal dari perguruan tinggi dengan akreditasi tertentu.

Untuk itu segenap civitas akademik FISIP UNS mengucapkan selamat kepada Prodi Doktor (S3) Ilmu Komunikasi yang dengan Kepala Prodi Prof. Drs. Pawito, Ph.D beserta tim  akreditasi, UPM dan asesor pendamping atas capaian akreditasi pertama yang telah membawa Prodi S3 Ilmu Komunikasi meraih predikat akreditasi “Sangat Baik” ini. Semoga  capaian ini dapat membawa  Prodi  S3 Ilmu Komunikasi menuju Unggul  dan dikenal baik didalam maupun luar negeri. (Maryani FISIP UNS)