Peran Kampus di Masa Era TV Digital terkait Kesiapan Indonesia Memasuki Analog Switch Off (ASO)

Peran Kampus di Masa Era TV Digital terkait Kesiapan Indonesia Memasuki Analog Switch Off (ASO)

Indonesia termasuk yang akhir-akhir  dalam memanfaatkan teknologi TV  digital  terkait ASO 2022, lantas  bagaimana keterlibatan kampus dalam Kesiapan Indonesia Memasuki  Analog Switch Off (ASO), hal ini disampaikan dosen FISIP UNS Sri Hastjarjo, S.Sos,Ph.D  saat menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan  wedangan IKA UNS Seri Ke 75 dengan tema Selamat Datang Era TV Digital, Kesiapan Indonesia Memasuki  Analog Switch Off (ASO) yang dilaksanakan hari Rabu, 15 September 2021 mulai pukul 19.30 WIB.

Kegiatan yang dilaksanakan rutin oleh Ikatan Alumni (IKA)  UNS dalam wedangan IKA UNS Seri Ke 75 menghadirkan beberapa narasumber diantaranya dari alumni FISIP UNS. Para narasumber tersebut adalah Dr. Abdul Kharis Almasyahari, SE, M.Si,Ak.CA, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI dari alumni  FEB UNS;  Prof. Dr. Widodo Muktiyo,M.Kom, Staf Ahli Menkominfo RI/Guru Besar FISIP UNS; Drs. Sifak M.Si,  Kepala Stasiun TVRI Jateng alumni FISIP UNS angkatan tahun 1981, Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D Kepala Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS dan alumni FISIP UNS angkatan 1989, dengan moderator Anas Syahirul , S.Sos Komisioner KPID Jawa Tengah alumni FISIP UNS angkatan 1992.

Sri Hastjarjo, S.Sos,Ph.D  menyebutkan ada tiga hal yang perlu dipersiapan  terkait dengan Tri Darma Perguruan tinggi  karena TV digital yang baik bukan hanya melibatkan teknologi yang digunakan melainkan juga  terkait dengan  isi atau konten,   teknologi, sumber daya manuasia yang ada serta penonton.

Saat ini UNS melalui program lompatan pengembangan Labkom  mengupayakan pengembangan dan proses yang  mendukung pengembangan Labkom, dimana  Labkom bukan hanya dijadikan sebagai  proses mendukung pembelajaran saja melainkan diupayakan bisa menjadikan  revenue generating  yang dilakukan melalui  media promosi atau kemitraan industri,  praktek perkuliahan baik untuk mahasiswa dari UNS maupun luar UNS sebagai pendukung merdeka belajar kampus merdeka,    incubator start up, unit produktifitas dan magang, serta kegiatan  training atau sertifikasi.

Sebagai informasi awal bahwa sejak peresmian siaran TV digital di Indonesia pada tahun 2009 lalu, Indonesia masih belum berhasil dalam melakukan Analog Switch Off (ASO), karena berbagai regulasi mengenai usaha transisi ini yang  hanya mencapai sebatas Peraturan Menkominfo. Sedangkan berbagai negara di dunia telah bertahap-tahap transisi ke sistem digital sejak penentuan dalam konferensi International Telecommunication Union (ITU) 2006 untuk penuntasan ASO paling lambat 2015. Maka dengan pengesahan UU Ciptaker, terutama Pasal 60A ayat 2, Kemenkominfo memiliki deadline ASO, yaitu 2 November 2022 nanti. (Maryani FISIP UNS)