Prodi Sosiologi dan KPU Karanganyar Lakukan MoU tentang Pengembangan Demokrasi

Prodi Sosiologi dan KPU Karanganyar Lakukan MoU tentang Pengembangan Demokrasi

Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang telah dikembangkan pada Pemilu Tahun 2019 mempunyai dampak positif bagi partai politik, KPU dan masyarakat. SIPOL memperkuat keterbukaan dan transparansi dalam proses pendaftaran dan verifikasi partai politik, memperbaiki proses pemeliharaan data partai politik, dan kemudahan untuk mengakses data-data partai politik dalam laman daring infopemilu.kpu.go.id.

Sebagai salah satu upaya untuk mensosialisasi pemutakhiran data partai politik tersebut, Program Studi Sosiologi dan KPU Karanganyar  melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang kerjasama pengembangan demokrasi dalam bentuk  sosialisasi dan  penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Data Partai Politik. Kegiatan telah dilaksanakan Kamis, 9 September 2021, pukul  09.00 -13.00 WIB di  Ruang Podang 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar Jl. Lawu No. 385, Komplek Perkantoran Cangakan, Karanganyar, dengan narasumber Dr. Argyo Demartoto, M.Si dari dosen sekaligus Kepala Prodi Sosiologi FISIP UNS yang menyampaikan materi  “Aksi Afirmasi Keterwakilan perempuan dalam Politik” dan  Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Karanganyar  dengan materi “Pemutakhiran Data Partai Politik”.

Kegiatan ini diikuti oleh pengurus partai politik tingkat Kabupaten Karanganyar dan pemangku kepentingan secara luring dengan menerapkan protokol Kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Menurut Dr. Argyo Demartoto, kegiatan ini  bertujuan untuk memberikan informasi terkait peran dan upaya mendorong aksi afirmasi keterwakilan perempuan dalam berpolitik, sehingga tercapai  pemutakhiran data partai politik yang terintegrasi dalam SIPOL yang sedang diupayakan oleh KPU Karanganyar kepada partai politik dan pemangku kepentingan, sehingga sehingga tercapai salah satu strategi KPU dalam mewujudkan KPU yang mandiri, profesional, dan berintegritas yang salah satunya adalah tersedianya SIPOL yang andal dan berkualitas nantinya. (Maryani FISIP UNS)