Visitasi Reakreditasi Prodi S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Visitasi Reakreditasi Prodi S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Prodi Doktoral (S3) Ilmu Komunikasi FISIP UNS melaksanakan asesmen lapangan dalam rangka visitasi reakreditasi program studi, Rabu-Kamis, 8-9 September 2021 secara  daring/online, karena masih dalam masa PPKM  covid-19. Visitasi re-akreditasi lapangan secara daring Prodi  S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS  diikuti  oleh Unit Pengendali Program Studi (UPPS) yaitu  Dekan,  dan tiga Wakil Dekan, Unit Pengendali Mutu (UPM) FISIP  UNS, Gugus Kendali Mutu (GKM)  Prodi S3 Ilmu Komunikasi,  Kepala Program Studi dan Dosen Prodi S3 Ilmu Komunikasi, koordinator dan sub koordinator FISIP UNS, serta   beberapa mahasiswa Prodi S3 Ilmu Komunikasi  FISIP UNS dengan   Asesor BAN PT, Dr. Suwandi Sumartias, M.Si dari Universitas Padjajaran Bandung dan Dra. Dewi Kurniawati, M.Si, Ph.D dari Universitas Sumatera Utara.

Proses asesi dimulai pada pukul 08.00 dengan sambutan Wakil  Rektor Akademik   dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S,  yang menyampaikan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh FISIP UNS baik dalam bidang akademik  termasuk didalamnya  bidang kerjasama, penelitian, pengabdian, prestasi mahasiswa dan para alumninya, inovasi dan lain sebagainya. Sedangkan Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si dalam sambutannya, memberikan gambaran konkrit terhadap keunggulan-keunggulan yang dimiliki FISIP UNS termasuk kesiapannya mendukung UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri  Berbadan Hukum (PTNBH) dan universitas berskala dunia (World Class University) dengan persiapan baik yang berupa sarana dan prasarana maupun sumber daya manusianya.

Sebagai awal proses visitasi kedua tim assessor BAN PT, Dr. Suwandi Sumartias, M.Si  dan Dra. Dewi Kurniawati, M.Si, Ph.D  memberikan pengantar  sekaligus penjelasan mekanisme assesmen lapangan yang akan dilakukan. Sesi pertama asesor BAN PT meminta konfirmasi dan verifikasi kepada UPPS yaitu Dekan , Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni M.Si, Wakil Dekan  Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Logistik  dan Keuangan, Dr. Ahmad Zuber, S.Sos, DEA serta Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Bisnis dan Informasi, Dr. Kristina Setyowati, M.Si. Pada sesi kedua  dilakukan asesi dengan Unit Pengendali Mutu Dr. Rina Herlina Haryanti,M.Si dan  Gugus Kendali Mutu  Prodi S3 Dr. Andre  N. Rahmanto,M.Si. Sesi ketiga dengan Program Studi  berupa pengecekan data lembar kinerja Program Studi (LKPS) dan sesi keempat pengecekan lembar evaluasi diri (LED).

Hari kedua diagendakan sesi wawancara dengan para dosen, mahasiswa dan pelaksanaan Kerja mandiri Asesor untuk persiapan pembuatan draft berita acara dan rekomendasi akreditasi, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan penyampaian rekomendasi hasil akreditasi dari tim asesor kepada  pimpinan fakultas dan ketua program studi S3 Ilmu Komunikasi.

Besar harapan  semua pihak, reakreditasi Prodi S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS mendapatkan  hasil yang maksimal sehingga bermanfaat bagi mahasiswa, fakultas,  dan UNS itu sendiri. (Maryani FISIP UNS)