Tiga Mahasiswa FISIP UNS Raih Juara 1 Kompetisi Poster Tingkat Nasional

Tiga Mahasiswa FISIP UNS Raih Juara 1 Kompetisi Poster Tingkat Nasional

Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS, Marenda Athallah Faras Majid  dari Prodi Hubungan Internasional (HI 2019), Ilman Abdurahman dari Prodi Ilmu Komunikasi  (ILKOM 2019), dan Gibran Aulia Muhammad dari Prodi Ilmu Komunikasi  (ILKOM 2019) baru saja meraih juara pertama dalam kompetisi poster tingkat nasional yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR) PMI Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Jakarta.

Menurut  Marenda Athallah, perlombaan ini diadakan secara daring pada 25 Juli – 11 Agutus 2021  sebagai ajang untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dengan  mengangkat tema “Patriotisme di Kala Pandemi”. Dan Tim FISIP UNS mengangkat judul “Nakes Pahlawan Tak Takut Mati”.

Marendra menyebutkan  ada 23 universitas dari 8 dari provinsi yang mengikuti kompetisi ini,   yaitu  Universitas Udayana Bali, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Gajah Mada  Yogyakarta, Universitas  Trunojoyo Madura, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Gunadarma Jakarta, Politeknik Astra,  Universitas Sultan Agung Tirtayasa Semarang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Seni Budaya Bandung, Universitas Pendidikan Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, UIN Jakarta, Universitas Telkom Jakarta, Universitas Wiralodra, Universitas Negeri Surabaya, Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro dan Univeritas Indraprasta PGRI sendiri.

Proses seleksi dan pengumuman dilakukan secara daring melalui penilaian dewan juri untuk juara 1dan 2 serta 7 karya terbaik. Sedangkan untuk seleksi poster terfavorit diadakan melalui vote dengan jumlah like terbanyak di akun instagram  https://instagram.com/ksrpmiunindra?utm_medium=copy_link. Dan pengumuman pemenang  dilakukan secara syncronous melakui google meet.

Marenda Athallah dan kawan-kawan  menyebutkan motivasi mengikuti lomba ini didasari oleh pemahaman dan kesadaran perkembangan desain grafis di era modern ini sangat lah krusial, khususnya poster. Banyaknya poster baik  yang konvensional maupun yang ada di media social menjadi alternatif baru dalam menyampaikan pesan dalam mengedukasi masyarakat secara efektif.

“Poster menjadi salah satu alternatif baru  untuk mengedukasi masyarakat secara efektif karena pesan yang disampaikan merupakan pesan inti dan didukung dengan grafis yang menarik” ungkap  Marenda

Marendra berharap  dengan keiikutsertaannya dalam lomba poster beserta rekan-rekan setimnya mampu  membangkitkan semangat patriotisme generasi muda khususnya agar tetap memilki semangat patriotism  meskipun sedang dalam masa pandemi. (Maryani FISIP UNS)