Perkuat Keimanan, FISIP UNS Berikan Kajian Rutin Keagamaan

Perkuat Keimanan, FISIP UNS Berikan Kajian Rutin Keagamaan

FISIP UNS kembali menyelenggarakan pengajian  rutin  bulanan. Untuk bulan Juli 2021,   FISIP UNS mengundang  narasumber Ustad Abdul Malik, M.Hum. Acara dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting.  Acara dilaksanakan Jumat, 30 Juli 2021, mulai pukul  16.00 WIB dengan pembahasan  tentang Kitab Al Hikam.   Hadir dalam kesempatan ini civitas akademik FISIP UNS baik pejabat, dosen maupun mahasiswa FISIP UNS.

Dalam isiannya  Ustad Abdul Malik, M.Hum. menyampaikan terkait  hikmah yang  menjadi ta’lil atau sebab dari hikmah. Yaitu menempatkan diri seseorang dalam memenuhi kebutuhan duniawi dalam rangka ibadah kepada Alloh SWT. Sebagai contoh Beliau mengambil pembelajaran dari Imam  Malik, dimana  rezekisudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa meskipun  seseorang tersebut tidak melakukan apa-apa. Hal ini sedikit berbeda dengan pendapat Imam Syafii  yang menyatakan bahwa  rezeki  harus diusahakan.  Kedua ulama ini berbeda dalam menafsirkanhadits yang sama. Inti hikmah dari keduanya menurut Beliau Ustad Abdul Malik adalah  hikmah dari persoalan hidup ini adalah  bagaimana memposisikan takdir hanya yang Tuhan pemilik alam semesta yaitu Alloh SWT.  Sebagaimana   keinginan/himmah pada sesuatu, itu tidak ada gunanya, karena himmah yang keras/kuat itu tidak bisa menjadikan apa-apa seperti yang kita inginkan, apabila tidak ada dan bersamaan dengan takdir dari Alloh SWT.

Dalam sambutannya Ketua PAI FISIP UNS, Dra. Sudaryanti, M.Si berharap semoga kegiatan ini sangat bermanfaat dan sebisa mungkin  tetap dapat dilangsungkan walaupun dengan peserta yang terbatas karena kesibukan masing-masing.

Sebelum acara usai dilakukan sesi tanya jawab, dan pukul 17.20 WIB acara ditutup dengan doa tutup majlis oleh ustad Abdul Malik. (Maryani FISIP UNS)