Panggung Wirausaha Bersama Alumni FISIP UNS

Panggung Wirausaha Bersama Alumni FISIP UNS


Beberapa alumni FISI UNS akan mengisi acara panggung wirausaha bersama Alumni FISIP UNS dalam Chapter Wirausaha#5 dalam Wedangan IKA UNS seri ke 68.  Acara ini dilaksanakan Rabu, 28 Juli 2021, mulai pukul 19.30 WIB melalui aplikasi zoom meeting dan Youtube UNS dengan narasumber Wildan Hakim (Dosen Universitas Al Azhar Indonesia), Kun Wahyu Winasis (Co-founder dan CEO dan CEO PT.KMB); Budi Nugroho (founder IDEA Coffee IO), Dr. Dra. Wiwik Suyandartiwi A,MM (Komisaris/Ketua STIKES Awal Bross), Erna Paramita (Pengusaha dan Direktur Pemasaran PT. KRA); W. Pandapotan Rambe, M.Si (Ketua Umum KA FISIP UNS), Hadir dalam acara ini para alumni dan sivitas di UNS.

Sambutan pertama dilakukan oleh Ketua IKA UNS Ir. Budi Harto, MM, yang memberikan informasi terkait tujuan panggung wirausaha yang diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Alumni UNS (IKA UNS) yang bertujuan dapat memberikan inspirasi para para mahasiswa di UNS untuk berwirausaha sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si, yang menyampaikan bahwa saat ini setiap Perguruan Tinggi (PT) tidak bisa lagi tidak berteman (berkolaborasi atau bekerjasama) dengan pihak lain. Beliau menambahkan bahwa kebetulan indikator kinerja kualitas lulusan PT saat ini dihubungkan dengan 3 hal yaitu langsung bekerja, berwirausaha dan yang terakhir adalah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dengan target 90 %, sehingga berwirausaha menupakan katup pengawan bahwa lulusan UNS betul-betul bermanfaat bagi masyarakat.

Lebih lanjut Prof Ismi menyampaikan bahwa bagi teman-teman alumni  yang berwirausaha juga bisa berkontribusi melalui tempat usahanya dapat dijadikan  sebagai tempat magang perusahaannya,  membentuk start up-start up baru atau bisa menjadi praktisi-praktisi di kampus UNS dengan memberikan materi kewirausahaan kepada para mahasiswa baik yang masih aktif maupun yang akan lulus.

Salah satu narasumber Kun Wahyu Winasis menyampaikan materi kewirausahaan yang berkaitan dengan Bisnis Komunikasi. Menurutnya pengalaman bertahun-tahun sebagai wartawan menjadi aset tersendiri. Melalui bidang komunikasi, Beliau memulai usaha bidang public relations yang semakin strategis diera internet dan digitalisasi informasi. (Maryani FISIP UNS)