Prodi Sosiologi FISIP UNS Selenggarakan Lecture Series & Student Forum #1 “Disaster and Community Development”

Prodi Sosiologi FISIP UNS Selenggarakan Lecture Series & Student Forum #1 “Disaster and Community Development”

Peningkatan pengetahuan dan kompetensi sosiologis secara akademik bagi para dosen, mahasiswa, alumni dan pembuat kebijakan sangat diperlukan. Dalam upaya peningkatan pengetahuan dan menjadikan kegiatan perkuliahan Sosiologi menjadi semakin menarik, terbuka, dan konstruktif, Prodi Sosilogi FISIP UNS menyelenggarakan kegiatan kuliah pakar luar negeri dengan tema Lecture Series & Student Forum #1 “Disaster and Community Development”.

Kegiatan yang diharapkan mampu dijadikan sebagai pengayaan perspektif dan kompetensi sosiologis ini akan dilaksanakan Jumat, 19 Maret 2021, mulai pukul 08.30-11.30 WIB diselenggarakan secara daring (online) via zoom cloud meeting, dengan menghadirkan narasumber : Prof. Makoto Takahashi (Profesor di Prodi Kebijakan Lingkungan/Departemen Geografi Sosial dan Lingkungan Pascasarjana Studi Lingkungan, Universitas Nagoya Jepang); Ika Nur Setiyawati (Mahasiswa Program Pascasarjana dari Prodi Sosial dan Lingkungan Fakultas Sosial dan Lingkungan Universitas Nagoya Jepang); Dr. Drajat Tri Kartono (Dosen pengajar di FISIP UNS) ; Maflahah (mahasiswa Program Magister Sosiologi FISIP UNS), dengan Moderator : Muhammad Alif Alauddin (mahasiswa Prodi S1 Sosiologi FISIP UNS).

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Dr. Yuyun Sunesti, S.Sos, M.Soc, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan standar pendidikan tinggi untuk menjadi semakin bermutu dan berdaya saing internasional, hal ini menjadi tantangan sekaligus tujuan dari Program Studi Sosiologi FISIP UNS. Dengan menghadirkan pakar dari luar negeri, para mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar program studinya dan diorientasikan mampu mengembangkan keterampilan bukan hanya berpusat pada hard skill namun juga soft skill. Ini pula yang menjadi poin utama dari tujuan prodi sosiologi agar lulusan kelak mampu mengembangkan masyarakat sekitar baik melalui pemberdayaan, pengabdian, maupun penelitian serta mengkaji gejala sosial, dan mampu berkontribusi dalam penanganan bencana yang membawa dampak terhadap komunitas sosial. Sedangkan bagi Prdi Sosiologi FISIP UNS, dengan adanya dosen tamu luar negeri (guest lecturer) akan meningkatkan jejaring Kerjasama antara kedua universitas apalagi universitas yang masuk dalam rangking 100 dunia (QS100), ujar beliau. (Maryani FISIP UNS)